Pada Hari Ini

1986: Debut Denmark di Piala Dunia

Krisna Octavianus    •    04 Juni 2017 08:00 WIB
pada hari ini
1986: Debut Denmark di Piala Dunia
Michael Laudrup (kanan) saat membela Denmark pada Piala Dunia 1986 ketika menghadapi Skotlandia (Foto: STAFF / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada hari ini 4 Juni 31 tahun yang lalu atau tepatnya pada 4 Juni 1986, Denmark membuat penampilan pertama mereka di Piala Dunia. Mereka bergabung dengan Skotlandia, Uruguay, dan Jerman Barat di "Grup Maut" dalam turnamen.

Dua tahun sebelumnya, Denmark membuat komunitas sepak bola internasional terhenyak dengan maju ke semifinal Piala Eropa di mana mereka kalah tipis dari Spanyol dalam tendangan penalti, 1-1 (5-4). 

BACA: Sergio Ramos Nilai Timnya Layak Juara Liga Champions

Namun, mereka dianggap banyak sebagai underdog di Piala Dunia perdana mereka karena tergabung dengan juara dua kali Jerman Barat (1954, 1974) dan Uruguay (1930, 1950), dan juga Skotlandia, yang tampil keempat kalinya berturut-turut - dan keseluruhan keenam- di turnamen.

Namun, Denmark terbukti menjadi kejutan turnamen tersebut, membuka kampanye mereka dengan kemenangan 1-0 atas Skotlandia. Satu-satunya gol datang pada menit ke-57, saat striker Preben Elkjaer menerima bola di tepi kiri kotak penalti, mengelebaui bek, dan menggeser bola melewati kiper Jim Leighton. 

Itu adalah gol penebusan untuk Elkjaer, yang gagal penalti dalam adu tos-tosan di Piala Eropa 1984 yang memberi Spanyol kemenangan. Ia melanjutkannya dengan hattrick di pertandingan berikutnya, mengalahkan Uruguay 6-1. 

Denmark kemudian menjadi juara grup dengan kemenangan 2-0 atas Jerman Barat dan melaju ke babak 16 besar. Pada fase tersebut, nasib baik mereka berakhir, saat mereka menghadapi musuh lama Spanyol dan kalah 1-5.

 


(KRS)

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik <i>Winger</i> Juventus
AS Roma 2017--2018

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik Winger Juventus

5 hours Ago

Setelah tak lagi melakukan pengejaran kepada Riyad Mahrez, AS Roma dilaporkan mempertimbangkan …

BERITA LAINNYA
Video /