Liga Champions

Madrid-nya Zidane Belum Setara dengan Barcelona-nya Pep

Achmad Firdaus    •    06 Juni 2017 21:11 WIB
barcelona 2016--2017real madrid 2016--2017liga champions 2016--2017
Madrid-nya Zidane Belum Setara dengan Barcelona-nya Pep
Zinedine Zidane diangkat para pemain Madrid saat perayaan gelar juara Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu (Foto: AFP PHOTO / CURTO DE LA TORRE)

Metrotvnews.com, Barcelona: Skuat Real Madrid asuhan Zinedine Zidane kini tengah jadi buah bibir. Banyak orang yang meyakini bahwa skuat yang dimiliki Madrid saat ini adalah yang terbaik.

Perdebatan soal ini muncul setelah Madrid sukses mencatatkan sejarah sebagai tim pertama yang sukses mempertahankan gelar juara di era Liga Champions. Lebih hebat lagi lantaran Madrid sukses meraih tiga trofi juara dalam empat tahun terakhir.

Berkat pencapaian itu, skuat Madrid yang dikomandoi Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos, serta Gareth Bale dianggap sudah sejajar dengan tim-tim legendaris semisal Barcelona era Johan Cruyff, AC Milan besutan Arrigo Sachi, atau El Barca era Josep Guardiola yang sempat menyapu bersih semua trofi juara pada musim 2008--2009 silam.
 

Baca: Kalah di Final, Juventus Malah Raup Omzet Paling Besar 


Namun, pendapat berbeda dilontarkan pelatih Everton, Ronald Koeman. Ia merasa, skuat yang dimiliki Madrid saat ini masih di bawah Barcelona era Josep Guardiola yang menguasai kancah persepakbolaan dunia pada 2008--2012.

"Real Madrid adalah juara. Mereka adalah tim terbaik di Liga Champions musim ini dan telah memainkan permainan yang sempurna di babak kedua saat melawan Juventus di final," ujar Koeman.
 

Baca juga: Putra Cristiano Ronaldo Unjuk Skill Memukau di Santiago Bernabeu


"Tapi, saya merasa mereka belum bisa disejajarkan dengan skuat Barcelona era Pep Guardiola. Mereka adalah tim yang luar biasa," tandasnya.

Di luar perdebatan soal gaya bermain kedua tim, pernyataan Koeman nampaknya tidak relevan dengan fakta yang ada. Seperti diketahui, Guardiola membutuhkan waktu empat tahun untuk membawa Barca meraih dua titel Liga Champions (2008--2009 dan 2010--2011), sedangkan Zidane sukses meraih dua trofi juara hanya dalam kurun waktu 512 hari atau 17 bulan di kursi kepelatihan Madrid.

Video: ?Shakhtar Donetsk Dapat Berkah Usai Real Madrid Juara LCE



(ACF)

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik <i>Winger</i> Juventus
AS Roma 2017--2018

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik Winger Juventus

5 hours Ago

Setelah tak lagi melakukan pengejaran kepada Riyad Mahrez, AS Roma dilaporkan mempertimbangkan …

BERITA LAINNYA
Video /