Jelang Liverpool vs Porto

Prediksi Liverpool vs Porto: Jalan Mulus Menuju Tahap Selanjutnya

Krisna Octavianus    •    06 Maret 2018 10:06 WIB
liga champions 2017--2018
Prediksi Liverpool vs Porto: Jalan Mulus Menuju Tahap Selanjutnya
Pemain Liverpool sedang berlatih jelang laga kontra Porto (Foto: AFP/ANTHONY DEVLIN)

Liverpool: Liverpool akan menjamu Porto pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions dengan kepercayaan diri tinggi karena memiliki modal kemenangan 5-0. Dengan performa yang belakangan sangat baik, The Reds bisa mulus melaju ke babak selanjutnya.

Liverpool menjelma menjadi tim menakutkan di pentas Eropa setelah finis di puncak klasemen Grup E Liga Champions dengan 12 poin. Ditambah hasil 5-0 pada leg pertama di markas Porto, The Reds belum terkalahkan di ajang Liga Champions sejauh musim ini.

Menjelang laga dini hari nanti, Liverpool juga bermodal enam pertandingan tidak terkalahkan dengan mencetak 18 gol. Jika dirata-ratakan, pasukan Juergen Klopp mencetak tiga gol per pertandingan. Sebuah catatan luar biasa.

Meski sudah unggul telak 5-0, Klopp tidak akan menganggap remeh lawan. Manajer asal Jerman itu mengaku akan tetap menurunkan susunan pemain terbaik meski bisa saja melakukan rotasi. Ini karena dia mau menghormati lawan.

"Kami bisa saja (merotasi) skuat, tapi saya tidak yakin akan melakukannya karena bisa menjadi salah paham," kata manajer kepada Liverpoolfc.com.

"Saya sangat ingin menunjukkan rasa hormat. Saya ingin menunjukkan rasa hormat kepada lawan, kepada turnamen, dan saya ingin memiliki susunan pemain terbaik dan susunan pemain terbaik yang masuk akal untuk memenangi pertandingan, karena itulah mengapa kami ada di sini. Kami tak terkalahkan sejauh ini di Liga Champions musim ini dan saya ingin tetap tak terkalahkan selama mungkin. Itu akan membantu banyak," tegasnya.

Merujuk perkataan Klopp, Liverpool akan tetap tampil serius dan ini ancaman serius bagi Porto yang pada leg pertama kalah segala-galanya dari The Anfield Gank.

Namun, Liverpool juga harus mewaspadai sikap "nothing to lose" Porto datang ke pertandingan ini. Sikap itu bisa membuat mereka tampil trengginas di Anfield. Meski diakui memang berat.

Pilihan bermain bertahan bukan pilihan yang tepat bagi Porto jika tidak mau semakin malu. Mereka harus menyerang sejak awal. Akan tetapi, mereka harus hati-hati karena Liverpool punya kekuatan serangan balik yang baik lewat kecepatan para pemainnya.

Ketersediaan Pemain

Dari sisi kesiapan pemain, Liverpool lebih diuntungkan. Semua pemain terbaik bisa dimainkan oleh Klopp dalam laga dini hari nanti. Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah akan tetap menjadi andalan. Nama terakhir siap kembali mencatat rekor-rekor lainnya.

Hanya Georginio Wijnaldum yang sampai saat ini masih diragukan. Akan tetapi, banyak pemain yang bisa mengisi posisinya, seperti Jordan Henderson, Emre Can, dan James Milner.

Sementara itu, Porto dipastikan akan tampil tanpa dua pemain andalan, Alex Telles dan Danilo Pereira yang masih dibekap cedera. Selain itu, Vincent Aboubakar masih diragukan bisa mengisi slot lini depan.

Prediksi

Peluang Liverpool untuk melaju ke babak delapan besar diprediksi mulus. Dengan kenyataan unggul agregat 5-0 dan semua pemain dalam keadaan siap tempur, The Reds malah bisa memantapkan agregat.

Di sisi lain, Liverpool harus berbagi konsentrasi karena akan menghadapi Manchester United pada akhir pekan ini. Kenyataan ini bisa dimanafaatkan Porto.

Perkiraan susunan pemain:
Liverpool: Karius, Gomez, Matip, van Dijk, Robertson, Can, Henderson, Milner, Mane, Firmino, Salah.

Porto: Casillas, Pereira, Felipe, Marcano, M. Pereira, R. Pereira, Corona, Herrera, Oliviera, Brahimi, Paciencia. Aboubakar.

Rekor pertemuan kedua tim:
14-02-2018 FC Porto 0-5 Liverpool    
28-11-2007 Liverpool 4-1 FC Porto    
18-09-2007 FC Porto 1-1 Liverpool    
31-07-2004 FC Porto 1-0 Liverpool    
15-03-2001 Liverpool 2-0 FC Porto
08-03-2001 FC Porto 0-0 Liverpool

Prediksi Metrotvnews.com:
Liverpool 60-40 Porto

 


(KRS)


Video /