Liga Champions 2018--2019

Inggris Bisa Kirim 5 Tim di Liga Champions Musim Depan

Krisna Octavianus    •    08 Mei 2018 16:03 WIB
liga champions
Inggris Bisa Kirim 5 Tim di Liga Champions Musim Depan
Liverpool bisa tetap beraksi di Liga Champions musim depan meski finis di posisi kelima Liga Primer Inggris, asal bisa menjadi juara UCL musim ini. (Foto: AFP/PAUL ELLIS)

Nyon: UEFA telah mengonfirmasi empat tim teratas Liga Primer Inggris akan lolos ke Liga Champions jika Liverpool memenangi trofi tersebut tahun ini dan finis kelima di liga.

Sebelumnya terjadi kebingungan di antara pencinta sepak bola Inggris, bagaimana jika Liverpool juara Liga Champions tetapi finis di posisi kelima? Jawabannya, Inggris akan diwakili lima tim musim depan.

Kekhawatiran itu muncul setelah kejadian Chelsea menjadi juara Liga Champions 2012. Mereka berhasil juara tetapi finis urutan keenam di liga, sehingga Tottenham yang menempati posisi keempat kehilangan tiket berlaga Liga Champions untuk musim berikutnya. 

Namun, hal berbeda akan terjadi musim depan jika skema di atas sampai terjadi.

UEFA mengatakan: "Juara bertahan Liga Champions dijamin tempatnya di babak penyisihan grup, bahkan jika itu tidak memenuhi syarat untuk kompetisi melalui kejuaraan domestiknya."

"Alokasi ini tidak memengaruhi asosiasi nasionalnya. Dalam kasus tertentu dengan Liverpool, sebagai pemegang gelar Liga Champions, tidak memenuhi syarat untuk kompetisi melalui kejuaraan domestik, Inggris dapat diwakili oleh lima klub dalam kompetisi."

"(Yang lolos ke Liga Champions dari Liga Primer Inggris) mereka adalah pemegang titel Liga Champions, pemenang kompetisi domestik teratas, runner-up, urutuan ketiga, dan keempat," tegas UEFA.

UEFA sebelumnya memperkenalkan peraturan ini pada 2005 ketika Liverpool memenangi Liga Champions tetapi finis di urutan kelima di liga domestik, di bawah Everton. Bedanya, kedua tim lolos ke Liga Champions 2005/06 melalui babak kualifikasi.

 


(KRS)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /