Tottenham Hotspur vs Juventus

Data dan Fakta di Balik Kemenangan Juventus atas Spurs

Rendy Renuki H    •    08 Maret 2018 08:43 WIB
liga champions
Data dan Fakta di Balik Kemenangan Juventus atas Spurs
Paulo Dybala merayakan gol kemenangan Juventus atas Tottenham Hotspur (AFP PHOTO / IKIMAGES / Ian KINGTON)

London: Juventus secara dramatis berhasil melaju ke perempat final Liga Champions 2017--2018 usai mengalahkan Tottenham Hotspur, Kamis 8 Maret. Bianconeri meraih kemenangan 2-1 atas Spurs di Stadion Wembley, yang membuat mereka unggul agregat 4-3.

Spurs sempat membuat asa pendukung tuan rumah melambung tinggi usai Son Heung-Min mencetak gol menit ke-39. Gol itu membuat Spurs kian pede setelah tinggal membutuhkan skor imbang 0-0 untuk lolos babak-16 besar.

Sayang, keunggulan gol tandang saat bermain imbang 2-2 di leg pertama tak mampu dimanfaatkan Spurs, bahkan setelah mereka unggul agregat 3-2. Dua gol Juventus di babak kedua membuyarkan harapan anak asuh Mauricio Pochettino.

Baca: Sabar, Kunci Kemenangan Juventus atas Spurs


Lebih menyakitkan karena Juventus hanya butuh waktu setidaknya tiga menit untuk menghadirkan duka di Wembley. Gonzalo Higuain menyamakan skor 1-1 sekaligus membuat agregat kembali sama kuat 3-3.

Namun, Paulo Dybala keluar sebagai pahlawan setelah lolos jebakan offside dan mampu menaklukkan Hugo Lloris menit ke-67. Gol tersebut pun terus bertahan hinggal wasit meniup peluit akhir.

Kemenangan itu membuat Juventus memastikan diri menjadi tim keempat yang lolos ke babak perempat final. Sejumlah data dan fakta menarik pun turut menghiasi di balik kemenangan Juventus atas Spurs.

Berikut diantaranya yang berhasil dirangkur dari situs data Opta:

- Son Heung-Min menjadi pemain tersubur di Stadion Wembley musim ini bagi Tottenham. Ia telah mengemas 14 gol dan delapan assist dari 23 penampilannya di stadion kebanggaan Inggris tersebut.

- Gol Gonzalo Higuain ke gawang Tottenham tercipta dari percobaan pertama shoot on target Juventus di laga tersbeut.

- Juventus hanya membutuhkan waktu 2 menit 49 detik untuk berbalik mengungguli Tottenhan lewat Paulo Dybala.

- Paulo Dybala menjadui pemain yang paling sering melepaskan tembakan tanpa berhasil mencetak gol di Liga Champions musim ini sebelum golnya ke gawang Spurs. Tercatat Dybala telah melepaskan 28 tembakan ke gawang yang selalu gagal berbuah gol.

- Klub Liga Primer hanya meraih tiga kekalahan dari 36 pertandingan Liga Champions 2017--2018 sebelum Spurs dan Manchester City kalah dini hari tadi.

- Hanya Barcelona (23), Bayern Muenchen (15), dan Real Madrid (11), klub yang berhasil meraih kemenangan lebih banyak dari tim asal Inggris, ketimbang Juventus (9) dan Basel (6).

 


(REN)