Liga Champions 2018--2019

UEFA Sahkan Regulasi 4 Pergantian Pemain di Liga Champions

M. Rizky Adhestian    •    05 Juli 2018 18:39 WIB
liga championsliga europa
UEFA Sahkan Regulasi 4 Pergantian Pemain di Liga Champions
Trofi Liga Champions (Foto: AFP PHOTO / LLUIS GENE)

Nyon: Asosiasi tertinggi sepak bola Eropa, UEFA, membuat peraturan baru untuk beberapa kompetisinya termasuk Liga Champions. Peraturan ini akan diterapkan mulai musim 2018/2019.

UEFA akan mengizinkan tambahan satu subtitusi jika pertandingan di fase knockout sudah memasuki babak tambahan atau 'overtime'. Itu artinya, terdapat empat subtitusi termasuk tiga yang digunakan di waktu normal.

Regulasi tersebut berlaku untuk Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Super Eropa mulai musim depan. Peraturan ini juga akan berlaku di Euro 2020 mendatang baik di sesi kualifikasi maupun saat turnamen.

Baca: Ronaldo Setuju Tawaran Gaji Juventus

UEFA menambahkan apabila sebuah tim melakukan kurang dari tiga subtitusi di waktu normal pada laga yang dimaksud, tidak akan mempengaruhi kuota yang disediakan. Artinya, mereka bisa saja menggunakan dua subtitusi lagi di waktu tambahan.

Peraturan itu sejatinya mengikuti apa yang diterapkan FIFA di Piala Dunia 2018. FIFA juga memperbolehkan penambahan satu penambahan kuota pergantian pemain jika pada pertandingan fase knockout memasuki waktu tambahan.

Pergantian dengan sistem baru tersebut pertama kali digunakan dalam sejarah sepak bola oleh pemain timnas Rusia, Alexandr Erokhin. Gelandang berusia 28 tahun itu masuk sebagai pemain pengganti keempat pada menit 97 babak 16 besar antara Rusia kontra Spanyol yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah lewat drama adu penalti.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Intip Sibur Arena Stadion Tercantik di Rusia, #SalamdariRusia



(ACF)


Video /