Kekalahan Liverpool atas Real Madrid bukan Salah Karius

Gregah Nurikhsani Estuning    •    27 Mei 2018 06:47 WIB
liga champions 2017--2018
Kekalahan Liverpool atas Real Madrid bukan Salah Karius
Loris Karius. (Foto: AFP PHOTO / Sergei SUPINSKY)

Kiev: Liverpool menelan kekalahan 1-3 atas Real Madrid pada final Liga Champions 2017--2018, Minggu 27 Mei dini hari WIB. Meski Loris Karius melakukan dua kesalahan fatal, Juergen Klopp dan Jordan Henderson merasa bukan itulah penyebab kegagalan mereka keluar menjadi juara.

Gol pertama Madrid dicetak Karim Benzema akibat blunder Karius. Berniat memberikan bola kepada pemain terdekat, lemparannya malah mengenai kaki Benzema dan meluncur ke gawang dengan mulusnya.

Sementara itu, kesalahan keduanya yaitu ketika gagal menahan dengan sempurna tendangan keras Gareth Bale. Sebetulnya bola mengarah tepat, namun Karius salah mengantisipasinya.

Klik: Diwarnai Dua Blunder Karius, Real Madrid Juara Liga Champions

"Loris Karius tahu (perasaan sakit melakukan kesalahan), semua orang pasti pernah merasakan sakitnya. Sangat disayangkan, di pertandingan seperti ini, di musim seperti ini. Saya bisa merasakan apa yang ia rasakan, dia adalah pemain yang fantastis. Kesalahan keduanya adalah akibat kesalahan pertama," ujar Klopp ketika diwawancarai BT Sports.

Klopp tidak menyalahkan Karius begitu saja. Menurutnya, apa yang terjadi di lapangan di luar dari apa yang ia rencanakan. Ia merasa timnya sudah bermain baik, tapi lawan memang terlalu kuat.

"Strategi, kami hanya ingin menang. Kami memulai pertandingan dengan baik dan bermain seperti apa yang kami inginkan. Garis pertahanan harus kami turunkan sedikit, tapi kami gagal menghentikan Luka Modric dan Toni Kroos. Saya bisa bilang apa? Kami mencetak satu gol, mereka tiga," sambungnya.

"Gol salto Gareth Bale luar biasa sekali. Kami melakukan apa yang bisa kami lakukan, anak-anak telah berusaha sekuat mungkin, tapi malam ini memang bukan skenario terbaik buat kami. Semuanya berlalu luar biasa sampai malam final ini. Kami memiliki peluang, tapi tidak memanfaatkannya," kata Klopp lagi.

Henderson, kapten Liverpool, juga tidak menerima jika kesalahan dilimpahkan kepada Karius semata. Serupa dengan Klopp, ia menilai semua pemain telah bermain sekuat tenaga, dan tanggung jawab harus dipikul bersama.

"Bukan salah Loris Karius saja, kami melaju ke final sebagai tim, kalah juga sebagai tim. Ini tentang semua pemain. Kami tidak cukup baik di atas lapangan, tapi tetap saya bangga dengan tim ini dan tentunya suporter yang telah datang," timpal Henderson.

Video: Pemain Muda Indonesia Dilirik Klub La Liga
 


(ASM)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /