Fakta Menarik di Balik Kemenangan Besar Liverpool

Kautsar Halim    •    15 Februari 2018 10:23 WIB
liverpool
Fakta Menarik di Balik Kemenangan Besar Liverpool
Mohamed Salah. (AFP PHOTO / MIGUEL RIOPA)

Jakarta: Liverpool berhasil menang besar atas Porto pada leg 1 babak 16 besar Liga Champions 2017--2018. Selain membuat The Reds dekat ke perempat final, hasil laga itu juga melahirkan berbagai rekor pribadi yang menawan bagi beberapa pemainnya.

Bertamu ke Estadio Do Dragao, Porto, Kamis 15 Februari dini hari WIB, Liverpool tampil dominan meski berstatus sebagai tim tamu. Mereka mampu mendikte permainan dan juga mendapat peluang emas lebih banyak. Statistik mencatat, Liverpool  menguasai bola sebanyak 54 persen.

Menariknya, para penyerang Liverpool yang terdiri dari Roberto Firmino, Sadio Mane dan Mohamed Salah jarang menyia-nyiakan kesempatan dalam laga tersebut. Terhitung dari enam peluang yang mengarah ke gawang Porto, lima di antaranya sukses berbuah menjadi gol.


Klik: Bantu Kemenangan Madrid, Ronaldo Ciptakan Rekor di Liga Champions


Mane menjadi pemain tersubur dengan mencetak hattrick pada menit ke-25, 53 dan 85. Sedangkan dua gol lainnya dicetak masing-masing oleh Salah (menit ke-29) dan Firmino (menit ke-69). Ketiga penyerang The Reds memang tajam, namun kiper dan lini belakang Liverpool tetap patut diacungi jempol.

Liverpool hanya tinggal mempertahankan keunggulan agregat saat memainkan leg 2 jika ingin lolos ke fase perempat final. Peluang itu terbilang sangat besar karena laga leg 2 akan berlangsung di Stadion Anfield yang merupakan markas Liverpool pada Rabu 7 Maret dini hari WIB.

Kemenangan besar Liverpool tetap tercipta berkat kekompakan seluruh pemainnya yang mampu menjalankan instruksi pelatih Juergen Klopp. Namun, ada beberapa fakta dibalik kesuksesan tersebut yang menarik disimak. Berikut rangkumannya seperti dilansir dari OptaJoe dan Squawka: 

- Liverpool sudah mengoleksi 28 gol di sepanjang Liga Champions musim ini. Torehan tersebut menjadikan Liverpool sebagai tim tersubur dibandingkan peserta lain, tak terkecuali Barcelona maupun Real Madrid. Menariknya, 25 gol di antaranya sukses diraih Liverpool dalam lima laga belakangan ini.

- Mohamed Salah berhasil mengoleksi 30 gol di sepanjang musim ini. Rinciannya adalah 22 gol dari Liga Primer Inggris, satu gol dari Piala FA, dan tujuh gol lewat Liga Champions. Ia hanya hanya butuh satu gol lagi untuk menyamai rekor Luis Suarez yang masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak Liverpool.


Klik: Fakta Menarik di Balik Kemenangan Madrid atas PSG


- Sadio Mane adalah pemain keempat Liverpool yang mencetak hattrick di Liga Champions. Ia sudah berhasil menyamai pencapaian bintang Liverpool lainnya seperti Michael Owen, Yossi Benayoun dan Philippe Coutinho.

- Roberto Firmino sudah menyamai rekor Steven Gerrard yang berstatus sebagai pemain Liverpool  tersubur untu ajang Liga Champions. Ia hanya butuh satu gol lagi untuk melewati rekor Gerrard yang sudah mengoleksi tujuh gol.

- Tambahan satu assist James Milner dalam laga kontra Porto membuatnya menjadi penyumbang assist paling banyak ketimbang pemain lainnya di ajang Liga Champions 2017--2018. Saat ini, Milner sudah mengumpulkan enam assist.


 


(KAU)


Video /