Leg 2 Babak 16 Besar Liga Champions 2016--2017

Presiden FIFA Enggan Menyalahkan Wasit Barcelona vs PSG

Kautsar Halim    •    10 Maret 2017 14:43 WIB
barcelona 2016--2017
Presiden FIFA Enggan Menyalahkan Wasit Barcelona vs PSG
Presiden FIFA, Gianni Infantino. (AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)

Metrotvnews.com, London: Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengajak publik untuk tidak menyalahkan wasit yang bertugas saat Barcelona melawan Paris Saint-Germain, Kamis 9 Maret. Alih-alih membahas soal wasit, ia justru lebih tertarik membicarakan mengenai hasil pertandingan.

Barcelona membuat sejarah ketika menaklukkan PSG dengan skor 6-1 pada leg 2 babak 16 besar Liga Champions.

Kemenangan itu menjadikan Barca sebagai satu-satunya tim yang pernah membalikkan keadaan di kompetisi resmi antarklub Eropa setelah tertinggal 0-4 pada leg 1.


Klik: Joe Hart Rela Tidak Kembali Membela City


Leg 2 memang berlangsung dramatis dari awal hingga akhir pertandingan. Namun, ada tudingan Barcelona dimanjakan oleh wasit dengan pemberian dua tendangan penalti.

Alhasil, tidak sedikit pecinta sepak bola menilai negatif performa kepemimpinan wasit pertandingan, yaitu Deniz Aytekin.

"Apakah sebuah keputusan itu adil atau tidak, hanya bisa kita tanyakan kepada wasit pertandingan itu sendiri (Deniz Aytekin)," ujar Infantino di London, Kamis 9 Maret waktu setempat.

"Selain itu, kami juga sangat berhati-hati terhadap IFAB (Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional) apabila ingin bersentuhan dengan peraturan. Saya rasa semuanya terjadi karena sepak bola adalah permainan yang luar biasa," tambahnya.

"Apa yang kita semua lihat adalah sebuah pertandingan sepak bola yang luar biasa. Apapun hasilnya tidak bisa diganggu gugat. Laga itu benar-benar menunjukkan betapa fantastis sepak bola. Setiap kali Anda melihat sesuatu yang belum pernah terjadi pasti akan menakjubkan dan luar biasa," lanjut Infantino.


Klik: Bantu Cetak Sejarah, Kontrak Rakitic Diperpanjang Barcelona


Sebagai tanggung jawab atas tugas sebagai presiden induk organisasi sepak bola dunia, Infantino turut mempromosikan Video Asisten Wasit (VAR) yang bakal digunakan pada lain waktu. Menurut Infantino, kontroversi yang terjadi saat Barca vs PSG bisa cepat terselesaikan jika kinerja wasit dibantu VAR.

"Dalam hal ini, saya tidak tahu apakah keputusan itu salah atau tidak. Tapi untuk kedepannya, kesalahan pasti diketahui dengan jelas. Itu bisa saja diketahui karena akan dikoreksi lewat Video Asisten Wasit (VAR)," papar Infantino.

"Dengan begitu, kami bisa memastikan sebuah keputusan dalam pertandingan krusial diambil atas dasar niat baik atau tidak," katanya.

VAR merupakan teknologi baru yang sudah disetujui IFAB untuk membantu kinerja wasit. Cara kerjanya cukup unik. Nantinya, salah satu tim boleh melakukan protes yang kebenarannya bisa ditelusuri lewat video rekaman pertandingan.

Jika wasit itu terbukti salah seusai menggunakan VAR, keputusan yang sudah diambil bisa dianulir. Adapun keputusan yang bisa diprotes dengan VAR mencakup tendangan penalti, kartu merah, dan pelanggaran lainnya. (dailypost)

 


(HIL)

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup
Jelang Final LIga Champions 2016--2017

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup

2 days Ago

Untuk pertama kalinya laga final Liga Champions akan berlangsung dalam keadaan atap stadion ter…

BERITA LAINNYA
Video /