Leg 1 Perempat Final Liga Champions 2016--2017

Data & Fakta Jelang Dortmund vs Monaco

Rendy Renuki H    •    11 April 2017 21:20 WIB
liga champions 2016--2017
Data & Fakta Jelang Dortmund vs Monaco
Sesi latihan para penggawa Borussia Dortmund (PATRIK STOLLARZ / AFP)

Metrotvnews.com, Dortmund: Borussia Dortmund akan menjamu AS Monaco pada leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu 12 April dini hari nanti. Duel di Signal Iduna Park tersebut merupakan pertemuan pertama kedua tim di babak perempat final Liga Champions.

Perjalanan Dortmund di Liga Champions musim ini terbilang cukup mulus. Skuat asuhan Thomas Tuchen mampu menjadi juara Grup F melangkahi Real Madrid. Dortmund pun mampu menyingkirkan Benfica dengan agregat 4-1 di babak 16-besar.

Sedangkan, petualangan Monaco terbilang lebih berat karena terlebih dahulu harus menyingkirkan Fenerbahce dan Villarreal di fase kualifikasi. Namun, Monaco mampu menunjukkan kualitasnya dengan keluar sebagai juara Grup E dan menyingkirkan Manchester City dengan unggul gol tandang meski agregat sama kuat 6-6.

(Baca: Data dan Fakta Jelang Juventus vs Barcelona)


Laga perempat final ini pun diprediksi akan berjalan menarik karena keduanya telah memiliki pengalaman bertanding di fase ini. Dortmund telah menapaki perempat final Liga Champions sebanyak delapan kali sejak 2013--2014, sementara Monaco mampu menembus fase 8-besar ini musim lalu.

Bahkan kedua tim pun sempat merasakan lolos hingga semifinal, meski statistik lebih memihak kepada Die Borussen. Dortmund menembus semifinal pada 2012--2013 dan menjadi runner-up usai takluk dari Bayern Muenchen di final, sedangkan Monaco terakhir mencapai semifinal pada 2004 lalu namun takluk oleh Porto.

Selain beberapa catatan tersebut, masih ada sejumlah data dan fakta menarik jelang bentrokan pertama kedua tim di perempat final. Berikut Metrotvnews.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Fakta Borussia Dortmund
- Ini merupakan kedelapan kalinya Dortmund berhasil menapaki perempat final Liga Champions, dan menjadi ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir.  Dortmund tercatat mampu meraih lima kemenangan dan dua kali kegagalan dari delapan kesempatan mereka pertarung di perempat final.

- Dortmund telah memenangi empat laga kandang terakhir mereka di babak perempat final Liga Champions.

- Ini pun merupakan keempat kalinya Dortmund menjadi kontestan perempat final di kompetisi Eropa dari lima musim terakhir. Perempat final terakhir Dortmund datang di ajang Liga Europa musim lalu, di mana mereka kalah agregat 5-4 dari Liverpool.

- Anak asuh Tomas Tuchel belum sekali pun mengalami kekalahan di Liga Champions musim ini. Dortmund mengantongi empat kemenangan dan dua hasil imbang di penyisihan grup, dan memborong dua kemenangan di babak 16-besar atas Benfica.

- Jika ditotal, Dortmund baru mengalami sekali kekalahan dari 12 laga di kompetisi Eropa. Mereka meraih sembilan kemenangan dan dua hasil imbang. Kekalahan terakhir Dortmund terjadi pada penyisihan grup Liga Europa musim lalu dari PAOK FC dengan skor 0-1.

- Dortmund juga memiliki catatan apik jika pertemu klub Prancis dengan mengantongi tiga kemenangan dan sekali kalah. Kekalahan itu terjadi pada putaran kedua Piala UEFA musim 2003--2004 oleh FC Sochaux dengan agreagat 2-6.

(Baca juga: Ronaldo dan Messi Berburu 100 Gol)


Fakta AS Monaco
- Monaco telah dua kali lolos ke babak perempat final Liga Champions dari tiga musim terakhir. Uniknya, pada dua musim terakhir, Monaco lolos setelah menyingkirkan tim Inggris di babak 16-besar dengan gol tandang. Arsenal menjadi korban pertama pada 2014--2015 lalu (kalah 3-1 tandang, menang 2-0 di kandang), dan Manchester City (kalah 3-5 tandang, menang 3-1 di kandang).

- Secara keseluruhan, Monaco telah lolos ke perempat final kompetisi Eropa sebanyak lima kali. Dari catatan itu, Monaco mengantongi dua kemenangan, sekali imbang, dan dua kekalahan.

- Monaco menjadi tim kesembilan yang mampu lolos perempat final setelah tertinggal selisih dua gol di leg pertama 16-besar.

- Dua musim lalu, Monaco dikalahkan oleh Juventus di perempat final Liga Champions. Monaco kalah 0-1 di Turin, sebelum hanya bermain imbang 0-0 di kandang.

- Musim ini, Monaco pun sempat mengalami kekalahan dari wakil Bundesliga. Bayer Leverkusen menjadi tim Jerman pertama yang mengalahkan Monaco musim ini di Liga Champions. Monaco kalah 0-3 di kandang Leverkusen, sebelum hanya bermain 1-1 di kandang.

- Ini merupakan pertandingan di babak gugur pertama kalinya lagi bagi Monaco melawan tim Jerman. Terakhir, pertemuan Monaco dengan wakil Bundesliga di babak gugur terjadi pada putaran ketiga Piala UEFA dengan kemenangan agregat 5-0 atas Hamburg SV musim 1996--1997.

- Monaco pun memiliki catatan kurang memuaskan musim ini kala bermain tandang. Jawara Ligue 1 ini baru dua kali meraih kemenangan dari enam laga tandang musim ini. Kemenangan itu terjadi saat bertandang ke markas Villarreal di babak kualifikasi dan di kandang Tottenham Hotspur di penyisihan grup.

Video: Preview Dortmund vs AS Monaco
 


(REN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /