Jelang AS Roma vs Barcelona

Data dan Fakta Menarik Jelang Roma vs Barcelona

Patrick Pinaria    •    10 April 2018 16:55 WIB
liga champions 2017--2018
Data dan Fakta Menarik Jelang Roma vs Barcelona
Para pemain AS Roma melakoni sesi latihan jelang menghadapi Barcelona pada leg kedua perempat final Liga Champions (Foto: AFP/Andreas Solaro)

Jakarta: Tugas berat menanti AS Roma saat menjamu Barcelona di Stadion Olimpico, pada leg kedua perempat final Liga Champions 2017--2018, Rabu 11 April. I Giallorossi dituntut untuk bisa meraih kemenangan minimal skor 3-0 pada laga tersebut, demi bisa lolos ke semifinal.

Roma sebetulnya pernah mengalahkan Barcelona dengan skor sebesar itu di markas sendiri. Namun, itu terjadi pada 16 tahun silam. Tepatnya ketika kedua tim bersua pada matchday keempat penyisihan Grup B Liga Champions musim 2001--2002. 

Situasi sudah banyak berubah sejak saat itu. Bahkan, Roma tidak mampu mengulang prestasi tersebut saat menjamu Barcelona pada pertemuan terakhir mereka di Liga Champions musim 2015--2016, 16 September. Ketika itu, Roma harus puas ditahan imbang El Barca dengan skor 1-1.

Baca: Bek JDT Siap Hadapi 'Teror' Jakmania

Situasi terkini juga membuat Roma terlihat semakin sulit untuk meraih kemenangan Barcelona pada laga nanti. Teranyar, I Lupi tampil buruk saat berduel dengan Fiorentina di markas sendiri pada kompetisi Liga Serie-A Italia pekan lalu. Pada laga tersebut, Roma kalah dengan skor 0-2.

Sebaliknya, Barcelona sedang dalam performa bagus pada kompetisi domestik. El Barca berhasil membungkam Leganes dengan skor 3-1 pada lanjutan La Liga Spanyol 2017--2018, Minggu 8 April.

Selain catatan di atas, masih banyak fakta menarik yang perlu diketahui para penonton sebelum menyaksikan Roma kontra Barcelona. Berikut di antaranya yang sudah dihimpun Medcom.id:

- Roma belum pernah lolos ke semifinal di Liga Champions sejak 34 tahun silam. Terakhir kali, mereka berhasil lolos ke semifinal pada musim 1983--1984. Ketika itu, mereka lolos usai mengalahkan Berliner Dynamo di babak perempat final dengan agregat 4-2.

- Roma sudah menelan dua kekalahan dari lima pertemuan terakhir melawan Barcelona. Selain pada leg pertama pekan lalu (1-4), kekalahan dirasakan Roma ketika bertandang ke markas Barcelona pada penyisihan grup dua musim lalu. Pada laga tersebut, El Barca kalah dengan skor 1-6.

- Roma selalu tersingkir dalam empat pertandingan terakhir mereka di perempat final.

- Rekor Roma dalam melawan klub-klub Spanyol adalah 10 kemenangan, lima kali imbang, dan 16 kekalahan. Sedangkan rekor di kandang adalah enam kemenangan, dua imbang, dan tujuh kekalahan.

- Barcelona sudah dua musim tidak merasakan semifinal. Dalam periode itu, mereka tersingkir di perempat final. Pada musim 2015--2016, mereka kalah dari Atletico Madrid. Sedangkan musim lalu, La Blaugrana ditaklukkan Juventus.

- Barcelona tersingkir di perempat final dari klub Italia pada musim lalu. Ketika itu, mereka disingkirkan Juventus dengan agregat 3-0.

- Rekor Barcelona saat melawan tim-tim Italia cukup baik di Eropa (dua leg). Total, mereka berhasil meraih delapan kemenangan dan baru menelan empat kekalahan.


Video: Preview Persija vs Johor Darul Ta'zim

 


(PAT)