Jelang Tottenham Hotspur vs Barcelona

Prediksi Spurs vs Barcelona: Badai Cedera vs Krisis Kemenangan

A. Firdaus    •    03 Oktober 2018 17:17 WIB
liga champions
Prediksi Spurs vs Barcelona: Badai Cedera vs Krisis Kemenangan
Lionel Messi dan para penggawa Barcelona tengah menjajal stadion Wembley (Foto: AFP/GLYN KIRK)

London: Tottenham Hotspur kembali bertemu lawan tangguh pada fase Grup B Liga Champions 2018--2019. Kali ini The Lilywhites akan menantang Barcelona, Kamis dini hari nanti.

Spurs mulai kembali ke tren positif setelah dipermalukan Liverpool di Stadion Wembley pada lanjutan Liga Primer Inggris 2018--2019, dan dikalahkan Inter Milan 1-2 pada laga perdana Grup B Liga Champions.

Selepas itu, hasil positif mulai dialami Spurs. Mereka secara beruntun meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir. Yaitu dua kemenangan di Liga Primer Inggris (Brighton 2-1 dan Huddersfield 2-0) dan menyingkirkan Watford pada babak ketiga Piala Liga Inggris.

Dengan situasi tersebut, kepercayaan diri Hugo Lloris dan kawan-kawan meningkat. Apalagi ketika melihat penampilan Barca dalam tiga pertandingan terakhir pada ajang La Liga. 

Pada periode itu, skuat asuhan Ernesto Valverde tersebut hanya meraih dua poin. Rinciannya, dua kali imbang (Girona dan Athletic Bilbao) dan sekali menelan kekalahan dari Leganes.

Tapi Pochettino enggan terlarut dengan tren negatif yang dialami Barca belakangan ini. Baginya, Barca tetaplah Barca yang merupakan salah satu kekuatan sepak bola Eropa.

"Ketika Anda menghadapi tim dalam putaran negatif, entah itu dalam kompetisi yang berbeda, Barcelona dan tim-tim hebat menyimpan kekuatan terbaik mereka untuk Liga Champions. Untuk saat ini, kami fokus pada Barcelona dan bukan fokus pada musim secara keseluruhan," ujar Pochettino.

Salah satu fokus Spurs ketika kedatangan Barca adalah, memberi perhatian lebih kepada Lionel Messi. Beragam strategi pun bakal diterapkan Pochettino demi mematikan pergerakan La Pulga.

"Sepak bola bukanlah drama. Kami harus fokus, bisa bersaing, kami harus bahagia dan senyum ketika kami masuk ke lapangan. Kami harus menekan ketika Messi menerima bola, karena jika kami meninggalkan ruang untuknya, dia akan bergeliat," terang Pochettino.

Hanya saja Mauricio Pochettino tengah diganggu dengan badai cedera. Pelatih asal Argentina itu belum bisa menurunkan Dele Alli yang masih menderita cedera hamstring, dan Cristian Eriksen yang sedang sakit perut. Selain itu bek Jan Vertonghen dan Mousa Dembele juga harus menepi.

Barca ingin bangkit 
Di sisi lain, ada tekad untuk bangkit saat Barca mengalami krisis. Bagi mereka, tiga laga tanpa kemenangan adalah kondisi yang cukup memprihatinkan dan menganggap Barca dalam krisis kemenangan.

Pelatih Valverde menilai, ada kesalahan dalam strategi yang ia terapkan dalam beberapa pertandingan Barca. Salah satunya mencadangkan Messi ketika Barca diimbangi Bilbao akhir pekan lalu.

Valverde enggak mau Barca membuang-buang poin lagi. Ia berharap timnya bisa bangkit dan kembali ke jalur kemenangan ketika melawat ke markas Spurs di Stadion Wembley.

"Ketika Anda tidak mendapatkan hasil, Anda selalu ingin mencari alasan. Apakah ini karena kesalahan atau lawan bermain dengan baik? Kami ingin menebus dari sejumlah penampilan buruk kami sekarang di pertandingan penting melawan Spurs. Kami semua merasa baik, kami tahu bagaimana keadaannya sekarang," terang Valverde.

Sejauh ini Spurs dan Barca memang belum pernah bertemu di Liga Champions. Tapi jika dilihat dari pentas Eropa lain, keduanya pernah bentrok di Piala Winners 1982 sebanyak dua kali.

Pada laga pertama, Spurs hanya mampu bermain imbang 1-1 ketika bermain di London. Kemudian Barca mampu meraih kemenangan 1-0 saat gantian menjamu Spurs di Camp Nou.

Prakiraan Susunan Pemain
Spurs (3-4-2-1): Lloris; Alderweireld, Dier, Sanchez; Trippier, Wanyama, Winks, Davies; Lamela, Heung-Min; Kane

Pemain yang absen: Delle Alli, Vertonghen, Dembele. Aurier, Eriksen, Foyth, Janssen, Vorm

Barcelona (4-4-2): Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Vidal, Busquets, Coutinho; Suarez, Messi

Pemain yang absen: Sergi Roberto, Samuel Umtiti

Prediksi Medcom.id: Spurs 50-50 Barca

Keluarga Almarhum Haringga Minta Tak Ada Aksi Balas Dendam



(ACF)