Barcelona vs Tottenham Hotspur

Fakta Menarik Usai Tottenham Lolos ke Babak 16 Besar

Patrick Pinaria    •    12 Desember 2018 08:45 WIB
liga championsbarcelonatottenham hotspur
Fakta Menarik Usai Tottenham Lolos ke Babak 16 Besar
Para pemain Tottenham Hotspur merayakan keberhasilan lolos ke babak 16-besar (Foto: AFP/Josep Lago)

Jakarta: Tottenham Hotspur bermain imbang 1-1 dengan Barcelona pada matchday terakhir penyisihan Grup B Liga Champions 2018--2019, Rabu 12 Desember. Tambahan satu poin sudah cukup membawa The Lilywhites lolos ke babak 16-besar.

Bermain di markas Barcelona, Stadion Camp Nou, Tottenham tertinggal ketika laga baru berjalan tujuh menit. Gol tersebut dicetak Blaugrana melalui Ousmane Dembele.

Namun, Tottenham berhasil bangkit. Mereka mampu menyamakan kedudukan lewat gol Lucas Moura pada menit ke-85.

Baca: Hasil Lengkap Liga Champions Dini Hari Tadi 

Hasil imbang tersebut membuat Tottenham mengoleksi delapan poin. Jumlah poin mereka sebetulnya sama dengan milik Inter Milan yang juga bermain imbang saat menjamu PSV Eindhoven (1-1) pada saat bersamaan.

Namun, Tottenham layak menempati posisi runner-up Grup B. Sebab, mereka unggul secara head to head dari Inter. 

Meski berhasil lolos, hasil ini membuat Tottenham gagal memperbaiki catatan pertemuan mereka dengan Barcelona. Dari empat pertemuan di ajang kompetitif, Si Lili Putih terhitung belum mampu menuai kemenangan dari El Barca. Rinciannya adalah dua kekalahan dan dua kali imbang.

Selain catatan di atas, masih banyak fakta menarik di balik hasil imbang yang dituai Tottenham kontra Barcelona. Berikut di antaranya sudah dirangkum Medcom.id:

- Ousmane Dembele tercatat mengoleksi tiga gol dari tiga penampilan terakhirnya di Liga Champions. Ketiga gol tersebut dicetaknya di Camp Nou.

- Dembele terlibat dalam sembilan gol dalam sembilan pertandingan terakhir Barcelona di seluruh kompetisi. Rinciannya adalah empat gol dan lima assist.

- Barcelona bermain dengan penguasaan bola sebanyak 48,8 persen. Untuk pertama kali, El Barca tidak mendominasi penguasaan bola di penyisihan Grup Liga Champions sejak Desember 2006.

- Harry Kane menyumbang satu assist pada laga tersebut. Ini merupakan ke-16 kali bagi striker asal Inggris tersebut terlibat dalam gol di Liga Champions (13 gol, 3 assist).

- Tottenham menjadi tim Inggris ketiga yang mampu lolos ke babak 16-besar setelah menelan dua kekalahan beruntun di awal penyisihan grup. Sebelumnya, torehan tersebut dicatatkan oleh Newcastle United (2002--2003) dan Arsenal (2015--2016).


Video: Osvaldo Haay Dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Liga 1 2018

 


(ASM)


Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar
Persiapan Piala AFF U-22

Lawan Uji Coba Timnas U-22 Tidak Harus Klub Besar

14 hours Ago

Indra Sjafri membantah bahwa Timnas U-22 akan beruji coba melawan Persija Jakarta dan Persebaya…

BERITA LAINNYA
Video /