Leg II Perempat Final Liga Champions 2016--2017

Kumpulan Fakta Usai Monaco Singkirkan Dortmund

Patrick Pinaria    •    20 April 2017 08:03 WIB
liga champions 2016--2017
Kumpulan Fakta Usai Monaco Singkirkan Dortmund
Para pemain AS Monaco merayakan keberhasilan mereka lolos ke babak semifinal (Foto: AFP/Valery Hache)

Metrotvnews.com, Jakarta: AS Monaco memastikan diri lolos ke babak semifinal Liga Champions 2016--2017. Torehan positif itu didapat usai Les Rouges et Blancs mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor telak 3-1 pada leg kedua perempat final Liga Champions 2016--2017, Kamis 20 April.

Hasil tersebut membuat Monaco menang dengan agregat 6-3. Sebelumnya, tim besutan Leonardo Jardim itu sukses menang dengan skor 3-2 di markas Dortmund pada leg pertama pekan lalu.

Baca: 2010: Inter Milan Singkirkan Barcelona dari Liga Champions

Kylian Mbappe, Radamel Falcao, dan Valere Germain menjadi aktor dari kemenangan Monaco atas Dortmund pada leg kedua. Sebab, ketiga gol Monaco itu dicetak oleh ketiga pemain tersebut.

Keberhasilan lolos ke babak semifinal menjadi torehan istimewa bagi Monaco. Pasalnya, ini merupakan pertama kali bagi Monaco bisa lolos ke semifinal sejak 2004.

Pada periode itu, Monaco berhasil lolos ke semifinal usai menyingkirkan Real Madrid dengan agregat 5-5. Meski bermain imbang, Monaco berhak lolos karena unggul dalam gol tandang.

Selain fakta di atas, masih ada sejumlah catatan menarik di balik keberhasilan Monaco menyingkirkan Dortmund. Berikut di antaranya yang dirangkum Metrotvnews.com:

- Kylian Mbappe menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak gol dalam empat pertandingan berturut-turut di babak sistem gugur Liga Champions.

- Mbappe menjadi pemain keenam yang berhasil mencetak gol saat menjalani laga pertamanya di babak sistem gugur Liga Champions. Ini juga merupakan rekor pertama sejak 2014. Terakhir kali, torehan tersebut dicetak oleh Diego Costa.

- Radamel Falcao telah mencetak 22 gol ke gawang 24 tim yang sudah ia hadapi di kompetisi Eropa (termasuk babak playoff dan piala super).

- Valere Germain sukses mencetak gol dalam waktu 22 detik setelah ia tampil sebagai pengganti saat menghadapi Dortmund. Catatan ini menjadikannya sebagai pemain pengganti yang mampu mencetak gol tercepat di Liga Champions.


Video: Juventus Kembali ke Camp Nou Setelah 14 Tahun

 


(PAT)

Video /