Matchday Pertama Liga Champions 2016--2017

Fakta-fakta Menarik dari Matchday Pertama Liga Champions

Krisna Octavianus    •    14 September 2016 09:14 WIB
liga champions 2016--2017
Fakta-fakta Menarik dari <i>Matchday</i> Pertama Liga Champions
Lionel Messi mencetak hattrick saat laga melawan Celtic (Foto: AFP/JOSEP LAGO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tujuh pertandingan Liga Champions dari Grup A-D digelar dini hari tadi, Rabu 14 September. Muncul fakta-fakta menarik dari tujuh pertandingan tersebut yang patut Anda cermati.

Salah satu pertandingan yang menyita perhatian adalah Barcelona vs Glasgow Celtic. Pada laga yang berlangsung di Camp Nou itu, La Blaugrana menang telak dengan skor 7-0.

(BACA: Barcelona Pesta Gol atas Celtic, Messi Cetak Hattrick)

Selain itu, batalnya pertandingan antara Manchester City vs Borussia Moenchengladbach juga menjadi cerita menarik pada matchday pertama Liga Champions. Pertandingan itu batal setelah cuaca buruk disertai hujan deras membuat lapangan Stadion Etihad tergenang.

(BACA: Manchester City vs M'Gladbach Dijadwal Ulang pada Kamis Dini Hari)

Dini hari tadi juga tercipta gol cepat. Striker Paris Saint-Germain, Edinson Cavani berhasil mencetak gol ke gawang Arsenal pada detik ke-41 yang membuat dirinya menjadi salah satu pencetak gol tercepat di Liga Champions.

Berikut beberapa fakta menarik lainnya:

1. City vs Gladbach menjadi pertandingan keempat yang ditunda dalam sejarah Liga Champions setelah Sturm Graz vs Real Madrid (1998), Juventus vs Bayer Leverkusen (2001), dan Galatasaray vs Juventus (2013).

2. Dua gelaran terakhir Liga Champions, PSG menjadi tim pertama yang selalu mencetak gol. Angel Di Maria (2015) dan Edinson Cavani (2016) berhasil menjadi aktornya.

3. Cavani memecahkan rekor gol cepat miliknya sendiri. Laga melawan Arsenal ia mencetak gol pada detik ke-41. Sebelumnya, ia pernah mencetak gol saat pertandingan masih berjalan 55 detik kontra APOEL pada 2014.

4. Marc-Andre ter Stegen berhasil menepis tendangan penalti dalam laga kontra Celtic. Sejauh ini ia berhasil menepis tiga tendangan penalti di ajang Liga Champions menyamai rekor Iker Casillas, Gialuigi Buffon, Andriy Pyatov, dan Joe Hart. Kiper dengan save penalti terbanyak di Liga Champions sejauh ini dipegang oleh legenda Bayer Leverkusen, Hans-Joerg Butt dengan lima kali.

5. Hattrick Lionel Messi ke gawang Celtic membuat dirinya melewati rekor milik Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas, dan Cristiano Ronaldo.

6. Messi berhasil mencetak 50 gol di penyisihan grup Liga Champions menyamai rekor Ronaldo.

7. Neymar berhasil membukukan satu gol dan empat assist dalam satu pertandingan pada laga kontra Celtic. Ia menyamai rekor yang pernah dilakukan Zlatan Ibrahimovic pada 6 November 2012.

8. Kekalahan 0-7 Celtic dari Barcelona adalah kekalahan terbesar yang pernah diderita klub asal Skotlandia itu di ajang Liga Champions.


(KRS)