Liga Champions 2017--2018

Deretan Pemain yang Boleh & Tidak, Tampil di Babak 16 Besar Liga Champions

M. Rizky Adhestian    •    02 Februari 2018 01:03 WIB
liga champions 2017--2018
Deretan Pemain yang Boleh & Tidak, Tampil di Babak 16 Besar Liga Champions
Hasil undian babak 16 besar Liga Champions 2017--2018 (Foto: AFP PHOTO / Fabrice COFFRINI)

Nyon: Klub-klub besar Eropa berlomba merekrut pemain anyar di bursa transfer Januari yang baru saja ditutup. Tujuannya jelas, menambah amunisi untuk bisa meraih sukses di musim ini.

Selain kompetisi domestik, ajang Eropa khususnya Liga Champions menjadi incaran utama klub-klub Eropa. Maka dari itu, mereka tak hanya berupaya merekrut pemain bagus, tapi juga harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan UEFA untuk bisa tampil di Liga Champions.

UEFA sendiri memperbolehkan para kontestan Liga Champions mendaftarkan pemain barunya untuk tampil di sisa kompetisi musim ini. Namun ada syaratnya.
 

Baca: Hitung-hitungan Skenario Ideal Manchester City Juara Liga Inggris


Berikut adalah pasal yang memuat soal sistem terkait regulasi pemain baru.

(44.01). Untuk semua pertandingan mulai dari babak 16 besar, klub boleh mendaftarkan maksimal tiga pemain baru yang memenuhi syarat untuk sisa pertandingan di kompetisi. Registrasi harus diselesaikan paling lambat 1 Februari 2018 (sebelum pergantian hari). Batas waktu ini tidak dapat diperpanjang.

(44.02). Satu dari tiga pemain baru yang sebelumnya telah didaftarkan oleh klub sebelumnya, bisa tampil bersama klub barunya, asalkan ia belum pernah tampil;  

a. Di kompetisi yang sama untuk klub lain; atau
b. Untuk klub lain di kompetisi yang sama

Dari beberapa transfer yang terjadi pada Januari kemarin, berikut beberapa pemain yang bisa atau tidak bisa berlaga di babak 16 besar Liga Champions 2017--2018.

Tidak Boleh
- Philippe Coutinho (Barcelona) 
Coutinho terbentur pasal (44.02), lantaran ia sebelumnya telah dimainkan Liverpool di fase grup Liga Champions.

Boleh 
- Aymeric Laporte (Manchester City)
Laporte bisa dimainkan City di babak 16 besar karena sebelumnya ia hanya tampil di ajang Liga Europa (beda ajang) bersama Athletic Bilbao.

- Lucas Moura (Tottenham Hotspur)
Moura bisa bermain untuk Spurs di babak 16 besar melawan Real Madrid, karena sebelumnya ia belum pernah tampil untuk Paris Saint Germain (PSG), meski Les Parisiens berkompetisi di Liga Champions.

- Olivier Giroud (Chelsea)
Chelsea juga bisa memainkan Giroud, karena di musim ini Arsenal hanya berlaga di Liga Europa.

- Alexis Sanchez (Manchester United)
Sama seperti kasus Giroud, Alexis Sanchez juga bisa bermain untuk MU di babak 16 besar melawan Sevilla karena Arsenal hanya tampil di Liga Europa.

- Virgil van Dijk (Liverpool)
Bek termahal dunia ini bisa membantu Liverpool meladeni FC Porto di babak 16 besar karena Southampton tidak tampil di ajang Eropa musim ini.

Tidak ingin ketinggalan update seputar perkembangan terbaru seputar berita sepak bola dan olahraga? Follow akun instagram medcom_olahraga

Video: Kevin/Marcus Melangkah ke Perempat Final India Terbuka



(ACF)


Video /