Leg 2 Perempat Final Liga Champions 2016--2017

Tahan Imbang Barcelona, Juventus Melaju ke Semifinal

Kautsar Halim    •    20 April 2017 06:00 WIB
juventus 2016--2017barcelona 2016--2017liga champions 2016--2017
Tahan Imbang Barcelona, Juventus Melaju ke Semifinal
Selebrasi kesuksesan Juventus ke semifinal Liga Champions 2016--2017. (Marco BERTORELLO / AFP)

Metrotvnews.com, Barcelona: Barcelona hanya mampu menahan imbang Juventus tanpa gol pada leg 2 perempat final Liga Champions 2016--2017, Kamis 20 April dini hari WIB. Hasil tersebut membuat Bianconeri melaju ke semifinal dengan skor agregat, 3-0.

Sebelum melakoni leg 2 perempat final, Juventus sudah unggul telak dengan skor 3-0 ketika memainkan leg 1 di Juventus Stadium, Italia. Kemenangan saat itu diraih lewat sepasang gol Paulo Dybala dan sebiji gol Giorgio Chiellini.


Klik: Introspeksi PSSI di Usia 87 Tahun


Tidak jauh berbeda ketika memainkan leg 1, Barcelona juga mampu mendominasi permainan pada leg 2 di Stadion Camp Nou. Sayang, jantung pertahanan Juve yang dikawal Chiellini dan Leonardo Bonucci masih terlalu tebal bagi Barcelona.

Statistik laga mencatat, Barcelona berhasil menguasai bola sebanyak 61 persen ketimbang Juventus. Namun, peluang yang mereka dapat terbilang sangat minim karena hanya ada satu tendangan saja yang mengarah ke gawang.


Klik: Deretan Pemain yang Pernah Berkostum Barcelona & Juventus


Juventus yang mengusung strategi bertahan dan mengandalkan serangan balik malah mendapat peluang emas lebih banyak. Pasalnya, terdapat tiga usaha Juve yang berhasil menuju sasaran. Beruntung bagi tuan rumah, kiper Marc Stegen selalu konsisten menjaga gawang dari kebobolan.

Pelatih Barcelona Luis Enrique sempat mengganti Ivan Rakitic dengan Paco Alcacer pada babak kedua untuk meningkatkan intensitas serangan. Namun, strategi itu masih belum cukup ampuh untuk mengecoh para bek Juventus.

Neymar bisa dibilang menjadi striker Barca yang paling frustrasi saat menghadapi Juventus karena tembakannya paling sering melenceng. Keputusan untuk melakukan aksi individu atau melakukan tembakan jarak jauh terpaksa ia lakukan karena pertahanan Juve sangat rapat.

Ekspresi Neymar usai Barca tersingkir. (LLUIS GENE / AFP)


Sementara itu, Lionel Messi yang kerap diandalkan Barca malah terlihat jarang sekali masuk ke area penalti lawan. Saking ketatnya pertahanan Juventus, kontribusi Messi hanya menginspirasi serangan atau mengoper bola kepada rekan-rekannya yang melakukan rotasi posisi.

Meski tersingkir, setidaknya Barcelona sudah berhasil membuat sejarah baru ketika menyingkirkan Paris Saint Germain pada babak 16 besar. Berkat tren positif itu, Barca menjadi satu-satunya tim di Eropa yang berhasil membalikkan keadaan ketika tertinggal 0-4 di pentas Liga Champions.

Susunan Pemain

Barcelona: Stegen; Roberto, Pique, Umtiti, Jordi Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar.

Juventus: Buffon; Alex Sandro, Chiellini, Bonucci, Alves; Pjanic, Khedira; Mandzukic, Dybala, Cuadrado, Higuain.

 


(KAU)

Prediksi Laos vs Indonesia: Timnas U-16 Menatap Piala Asia
Jelang Laos vs Indonesia

Prediksi Laos vs Indonesia: Timnas U-16 Menatap Piala Asia

46 minutes Ago

Timnas Indonesia U-16 akan melakoni laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Sku…

BERITA LAINNYA
Video /