Deretan Pemain yang Pernah Berkostum Juventus dan Monaco

Rendy Renuki H    •    10 Mei 2017 13:24 WIB
liga champions 2016--2017
Deretan Pemain yang Pernah Berkostum Juventus dan Monaco
David Trezeguet (GERARD JULIEN / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Juventus berhasil menapaki final Liga Champions musim ini setelah mengalahkan AS Monaco pada semifinal leg kedua, Rabu 10 Mei dini hari. Bianconeri pun lolos dengan agregat 4-1 atas Les Rogue et Blanc yang sebelumnya ditekut 2-0 di markas mereka, Stade de Louis II.

Namun, dibalik rivalitas terebut, Juventus dan Monaco ternyata memiliki koneksi dari sisi para pemainnya. Tak jarang Juventus dan Monaco sama-sama kepincut mendatangkan bekas pemainnya satu sama lain.

Deretan nama macam Thierry Henry, David Trezeguet, hingga Patrice Evra tercatat pernah berseragam Juventus dan Monaco. Berikut ini deretan pemain yang pernah berkostum Juventus dan Monaco yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Patrice Evra

(AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)

Pemain yang berposisi sebagai bek sayap ini direkrut mantan pemain Juventus Didier Deschamps yang kala itu melatih Monaco pada 2002 lalu. Evra kemudia menjadi pemain inti Monaco di bawah arahan Deschamps dan salah satu pemain yang mampu membawa Monaco ke final Liga Champions 2003--2004.

Evra pun hijrah ke Manchester United selama sembilan musim, sebelum bergabung dengan Juventus pada 2014. Ia sempat mempersembahkan dua gelar Scudetto dan Coppa Italia, meski harus menelan pil pahit menjadi pemain pertama yang kalah dalam empat edisi final Liga Champions usai disingkirkan Barcelona musim 2014--2015.

(Baca: Juventus ke Final Liga Champions 2016--2017)


Bersama Monaco, Evra telah tampil sebanyak 120 laga lebih dan sempat mencetak dua gol dari 2002 hingga 2006. Sementara saat berkostum Juventus, bek kiri ini mengantongi 53 caps dan menyumbang tiga gol selama periode 2014 hingga 2017.


2. Vladimir Jugovic

(Google/Tumblr)

Gelandang petarung asal Balkan ini sempat menjadi kunci lini tengah Juventus usai direkrut dari Sampdoria musim panas 1994--1995. Jugovic tentu akan selalu diingat fan Juventus setelah menjadi penendang penentu saat adu penalti pada final Liga Champions 1995--1996 kontra Ajax Amsterdam.

Sayang, saat berserangam Monaco pada 2001, merupakan awal meredupnya karier Jugovic. Alhasil, pemain yang sempat menjadi andalan Timnas Yugoslavia ini tak banyak memberikan dampak bagi Monaco, walau sempat mempersembahkan satu gelar Piala Liga Prancis pada 2003.

Saat berkostum Juventus sejak 1995 hingga 1997, Jugovic mengumpulkan 56 laga dan menyumbang delapan gol. Sedangkan saat memperkuat Monaco pada 2001 hingga 2003, ia hanya bermain sebanyak 19 pertandingan.


3. Thierry Henry

(AFP PHOTO / PATRICK HERTZOG)

Mungkin keputusan melepas Henry ke Arsenal akan selalu menjadi penyesalan terbesar Juventus. Bagaimana tidak, Henry yang menghabiskan masa mudanya di Monaco direkrut Juventus pada Januari 1999.

Tampil impresif bersama Monaco dengan menjadi top skorer klub di Liga Champions 1996--1997 dengan enam gol, penampilannya justru antiklimaks bersama Juventus. Henry yang dimainkan di posisi sayap hanya bertahan selama delapan bulan di Stadion Delle Alpi dan dilepas ke Arsenal yang membuat namanya melegenda.

Saat bermain bagi Monaco, Henry memegang 105 caps dan mencetak lebih dari 20 gol. Sayang, di Juventus Henry hanya berkesempatan bermain sebanyak 16 laga dan hanya mencetak tiga gol.


4. David Trezeguet

(PACO SERINELLI / AFP)

Pemain berjuluk Trezegol mungkin menjadi salah satu pemain tersukses baik di Monaco maupun Juventus. Trezeguet menyusul jejak langkah sahabatnya, Henry, ke Juventus setahun kemudian dan menjadi legenda di Turin.

Trezeguet mampu menjadi pencetak gol terbanyak keempat pemain non-Italia Juventus dengan 171 gol, melewati rekor Omar Sivori dengan 167 gol. Ia pun mempersembahkan dua gelar Scudetto dan Piala Super Italia serta satu gelar Serie-B.

Pemilik tendangan keras ini total telah memperkuat Juventus sebanyak lebih dari 245 laga sejak 2000 hingga 2010. Sementara saat berkostum Monaco, Trezeguet total bermain 113 laga dan mencetak 60 gol pada periode 1995 hingga 2000.


5. Lilian Thuram

(PATRICK HERTZOG / AFP)

Bek tangguh ini memulai karier profesionalnya dengan Monaco pada 1991. Ia sempat tak mendapat tempat utama di musim pertamanya, namun Thuram mampu membuktikan di musim berikutnya demgan selalu masuk Starting-XI.

Juventus lantas mencium bakat Thuram yang sempat memperkuat Parma setelah hengkang dari Monaco. Thuram pun resmi berseragam Juventus pada musim panas 2001 setelah Si Nyonya Tua mendapat dana melimpah hasil penjualan Zinedine Zidane ke Real Madrid.

Selama berseragam Juventus, Thuram telah tampil sebanyak 144 laga dan sempat mencetak sebiji gol. Sementara, saat berkostum Monaco dirinya telah bermain sebanyak 193 laga dan menyumbang delapan gol.

Video: Simpati Conte untuk The Boro

 


(ACF)

Resmi, Manchester City Dapatkan Bek Monaco
Bursa Transfer Pemain

Resmi, Manchester City Dapatkan Bek Monaco

5 hours Ago

Manchester City resmi mendapatkan bek AS Monaco, Benjamin Mendy. …

BERITA LAINNYA
Video /