Pemain Terbaik Eropa

UEFA Umumkan Tiga Kandidat Peraih Gelar Pemain Terbaik Eropa

A. Firdaus    •    15 Agustus 2017 22:50 WIB
uefaliga champions 2017--2018
UEFA Umumkan Tiga Kandidat Peraih Gelar Pemain Terbaik Eropa
Tiga kandidat pemain terbaik Eropa, Lionel Messi, Gianluigi Buffon, dan Cristiano Ronaldo (Foto: @ChampionsLeague)

Metrotvnews.com, Nyon: Federasi tertinggi sepak bola Eropa (UEFA) telah merilis tiga kandidat pemain terbaik Eropa musim 2016--2017. Selain Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, ada penjaga gawang Gianluigi Buffon yang akan ikut bersaing.

Tiga kandidat ini dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari 80 pelatih klub yang telah berpartisipasi pada babak penyisihan Liga Champions dan juga Liga Europa musim lalu.

Selain itu sebanyak 55 wartawan juga ikut terlibat untuk memilih pemain terbaik tersebut. Mereka ditunjuk grup European Sports Media (ESM) sebagai juri pemain terbaik, dan mewakili masing-masing konfederasi anggota UEFA. Namun khusus pada daftar pendek ini, pelatih dari masing-masing pemain tak boleh ikut memilih.

Klik di sini: Indonesia Berbagi Angka dengan Thailand

Hasil penilaian pemain terbaik berdasarkan penampilan mereka di semua kompetisi pada musim lalu. Baik itu bersama klub di kompetisi domestik dan Eropa, maupun saat membela negaranya di level internasional.

Ronaldo, Messi, dan Buffon menyisihkan 10 kandidat nama lainnya. Seperti Luka Modrid (Real Madrid/Kroasia), Toni Kroos (Madrid/Jerman), Paulo Dybala (Juventus/Argentina), Sergio Ramos (Madrid/Spanyol), Kylian Mbappe (Monaco/Prancis), Robert Lewandowski (Bayern Muenchen/Polandia), dan Zlatan Ibrahimovic (MU/Swedia).

Klik di sini: Luciano Spalletti di Mata Erick Thohir

Messi dan Ronaldo masing-masing telah memenangkan pemain terbaik Eropa sebanyak dua kali. Messi memenanginya pada musim 2010--2011 dan 2014--2015. Sementara Ronaldo pada 2013--2014 dan pada musim lalu.

Pengumuman pemain terbaik Eropa 2016--2017 akan dilakukan pada 24 Agustus di Monaco, bertepatan dengan pengundian fase grup Liga Champions 2017--2018. Selain itu, UEFA juga akan mengumumkan pemain terbaik dalam masing-masing posisi. Seperti kiper, bek, gelandang, dan striker.

Indonesia vs Thailand Imbang 1-1
 


(ACF)