Jelang Madrid vs Roma

Data dan Fakta Menarik Jelang Madrid Kontra Roma

Patrick Pinaria    •    19 September 2018 14:47 WIB
liga championsas romareal madrid
Data dan Fakta Menarik Jelang Madrid Kontra Roma
Suasana latihan Real Madrid jelang menghadapi AS Roma (Foto: AFP/Gabriel Bouys)

Jakarta: Ujian berat langsung dihadapi Real Madrid pada laga perdana penyisihan Grup G Liga Champions 2018--2019, Kamis 19 September. Pada laga nanti, Los Blancos akan berduel dengan AS Roma.

Madrid tampaknya masih menjadi unggulan pada laga nanti. Terutama melihat sejarah pertemuan keduanya di kompetisi Liga Champions. Madrid punya catatan kemenangan lebih banyak ketimbang Roma.

Baca: Prediksi Real Madrid vs AS Roma: Ujian Perdana Lopetegui

Dari total 10 pertemuan, Madrid berhasil meraih enam kemenangan dari I Giallorossi. Sisanya, mereka menelan tiga kekalahan dan satu kali imbang.

Namun, menariknya, dari total kemenangan tersebut, Madrid justru jarang meraih kemenangan di kandang. Mereka hanya meraih dua kali kemenangan di Santiago Bernabeu saat bersua dengan Roma.

Selain catatan di atas, masih ada fakta menarik jelang Madrid kontra Roma. Berikut di antaranya yang dihimpun medcom.id:

- Laga antara Madrid kontra Roma menjadi salah satu pertandingan klasik di Liga Champions di abad ke-21. Sejauh ini, mereka sudah berjumpa sepuluh kali sejak 2001.

- Enam pertemuan awal mereka terjadi di babak penyisihan grup. Hasilnya, Madrid menang empat kali atas Roma. Sedangkan Roma menang dua kali.

- Madrid punya catatan sempurna saat menghadapi Roma pada pertemuan terakhir mereka. Tepatnya pada babak 16-besar musim 2015--2016. Pada periode itu, Los Blancos mampu meraih kemenangan di kandang dan juga tandang.

- Madrid sudah meraih enam kemenangan secara beruntun menghadapi tim-tim Italia. Terakhir kali, tim Italia yang dikalahkan mereka adalah Juventus pada babak perempat final Liga Champions musim lalu.

- Roma tampil kurang oke saat bermain di kandang lawan, terutama di fase gugur Liga Champions musim lalu. Total, mereka harus kehilangan tiga pertandingan tandang.

- Roma menelan kekalahan empat kali dari lima pertandingan tandang mereka dengan tim-tim Spanyol. Satu-satunya kemenangan mereka di tanah Spanyol terjadi saat menghadapi Villarreal pada babak 32-besar Liga Europa 2016--2017. Saat itu, I Lupi menang dengan skor telak 4-0.


Video: Dua Pesepakbola Muda Indonesia Berguru ke Spanyol

 


(FIR)