Juventus vs Barcelona, Duel Dua Kutub Berseberangan

Hilman Haris    •    17 Maret 2017 19:31 WIB
juventus 2016--2017barcelona 2016--2017liga champions 2016--2017
Juventus vs Barcelona, Duel Dua Kutub Berseberangan
Juventus vs Barcelona saat final Liga Champions 2014--2015

Metrotvnews.com, Nyon: Juventus dan Barcelona bagai dua kutub magnet yang saling berseberangan. Di satu sisi, Barcelona merupakan tim dengan lini depan paling 'subur' di Liga Champions musim ini. Sebaliknya, dalam periode yang sama Juventus sudah menahbiskan diri sebagai tim dengan pertahanan paling kuat.

Barcelona sudah 26 kali menjebol gawang lawan dari delapan laga di kompetisi paling elite benua biru 2016--2017. Artinya, Lionel Messi dkk rata-rata mencetak 3,25 gol per pertandingan.

Jumlah rataan gol itu bisa saja mengecil saat bersua Juventus di perempat final. Maklum, La Vecchia Signora baru kebobolan dua gol dari delapan kali tanding atau 0,25 gol per laga.

"Pertandingan melawan Barcelona akan menarik. Mereka adalah salah satu klub besar dan kuat di Eropa. Namun Juventus tidak kalah kuat. Saya yakin Juventus bisa bersaing," kata Wakil Presiden Juventus, Pavel Nedved.

Sejauh ini, kedua tim sudah sembilan kali bentrok. Hasilnya, Juventus mampu memetik empat kemenangan. Sedangkan Barcelona baru bisa tiga kali mengalahkan Juventus. Dua laga tersisa berakhir imbang.

Baca juga: Madrid Bersua Muenchen, Barca Ditantang Juve di Perempat Final

Kemenangan terakhir Barcelona didapat pada final Liga Champions 2014--2015. Kala itu, Blaugrana sukses menjadi juara usai menang dengan skor 3-1. Gol-gol Barcelona dihasilkan oleh Ivan Rakitic, Luis Suarez, dan Neymar. Sedangkan gol Juventus dihasilkan oleh Alvaro Morata. Striker yang saat ini sudah berseragam Real Madrid.
 
"Juventus sudah memperbaiki diri sejak kekalahan itu. Sekarang kami akan melawan Barcelona tanpa rasa takut. Satu hal yang pasti, bertanding kandang atau tandang tidak akan berpengaruh besar pada laga ini. Semua pemain harus siap memberikan yang terbaik selama dua pertandingan," tegas Nedved.

Pertemuan Juventus kontra Barcelona dipastikan menjadi momen emosional buat Dani Alves. Maklum, bek asal Brasil itu delapan tahun memperkuat Barcelona sebelum pindah ke Juventus pada bursa transfer musim panas 2016.

Selama periode itu, Alves tampil 247 kali untuk Barcelona. Uniknya sebelum undian digelar, Alves justru tidak ingin Juventus melawan Barcelona di perempat final.

"Kami respek kepada Juventus. Dani Alves bermain untuk mereka. Ia merupakan pemain yang kami sukai," kata Wakil Presiden Juventus, Jordi Mestre.

Sesuai jadwal, leg 1 akan berlangsung pada 11-12 April. Juventus akan menjadi tuan rumah pada leg pertama. Setelah itu, mereka tandang ke Stadion Camp Nou pada 18-19 April.

 


(HIL)

Video /