Jelang Porto vs Liverpool

Data dan Fakta Jelang FC Porto vs Liverpool

Riyan Ferdianto    •    14 Februari 2018 13:46 WIB
liga champions 2017--2018
Data dan Fakta Jelang FC Porto vs Liverpool
Juregen Klopp memberikan arahan kepada pemaian Liverpool jelang kontra FC Porto (AFP PHOTO / FRANCISCO LEONG)

Liverpool: FC Porto akan menghadapi Liverpool pada babak 16-besar Liga Champions 2017--2018, Kamis 15 Februari. Tiga poin sangat diperlukan The Reds untuk memuluskan langkah ke perempat final. 

Juergen Klopp datang dengan skuat terbaik. Apalagi, The Reds didukung dengan fakta belum pernah kalah dari Porto. Dalam empat pertemuan, Porto meraih dua kali imbang dan dua kali menelan kekalahan. 

Liverpool vs Porto bisa juga disebut sebagai duel antara dua mantan juara Liga Champions. Porto sempat dua kali menjuarai Liga Champions pada 1987 dan 2004. 

Sementara itu, Liverpool pernah lima kali jadi yang terbaik pada tahun 1977, 1978, 1981, 1984 dan 2005. Kedua tim pun sama-sama berada dalam kondisi ideal untuk laga ini.

Klik di sini: Jumpa Porto, Klopp Minta Liverpool Tunjukkan Gairah Bertanding

Porto memenangi tiga laga terakhirnya di semua kompetisi. Tim besutan Sergio Conceicao mengalahkan Braga 3-1 di liga, Sporting 1-0 di Piala Portugal, dan terakhir Chaves 4-0 di liga.

Liverpool tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir mereka. Akhir pekan kemarin, pasukan Jurgen Klopp memukul tuan rumah Southampton 2-0 lewat gol-gol Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Poin maksimal juga sangat diharapkan Liverpool untuk menjaga kans masuk babak selanjutnya. Selama sembilan tahun terakhir, Liverpool tidak pernah lolos ke babak prempat final.

Berikut data dan fakta FC Porto vs Liverpool:

- Musim lalu, Porto dikandaskan oleh Juventus pada babak 16 besar Liga Champions dengan agregat 0-3. 

-Terakhir kali Porto menjamu tim Liga Primer terjadi di fase grup musim lalu. Kala itu, Porto mengalahkan Leicester 5-0. Rekor Porto pada babak 16 besar adalah menang tiga kali dan kalah enam kali.

- Porto tak terkalahkan pada waktu normal dalam 24 laga terakhirnya di semua kompetisi. Gol terbanyak untuk Porto di Liga Champions musim ini dikemas oleh Vincent Aboubakar. Sedangkan assist terbanyak untuk Porto di Liga Champions musim ini dilakukan Danilo Pereira.

- Rekor Liverpool dalam partai dua leg melawan tim-tim Portugal adalah menang lima kali dan kalah dua kali. Sementara rekor tandang Liverpool melawan tim-tim Portugal adalah menang dua kali, seri tiga kali dan kalah empat kali.

- Liverpool mencetak 23 gol di fase grup musim ini, hanya kalah dari PSG dengan 25 gol.

- Winger Liverpool Mohamed Salah mencetak lima gol dalam empat penampilan terakhirnya di semua kompetisi.

- Gol terbanyak untuk Liverpool di Liga Champions musim ini dicetak oleh Roberto Firmino dengan mengantongi enam gol. (UEFA).
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: 
Juve Tahu Cara Bertahan, Tottenham Piawai Cetak Gol




(ASM)


Video /