Grup F Liga Champions 2017--2018

Taklukkan Donetsk, City Kokoh di Puncak Klasemen Grup F

Patrick Pinaria    •    27 September 2017 07:57 WIB
manchester city 2017--2018liga champions 2017--2018
Taklukkan Donetsk, City Kokoh di Puncak Klasemen Grup F
Raheem Sterling (Foto: AFP/Oli Scarff)

Metrotvnews.com, Manchester: Manchester City berhasil mengukuhkan diri di puncak klasemen grup F Liga Champions 2017--2018. Hal itu bisa terjadi setelah The Citizens berhasil menaklukkan Shakhtar Donetsk dengan skor 2-0 pada matchday kedua fase grup F, Rabu 27 September.

Kemenangan tersebut membuat City berada di puncak klasemen dengan mengoleksi enam poin. Mereka berhasil memperlebar jarak mereka dengan Donetsk yang kini hanya mengoleksi tiga poin di peringkat kedua bersama Napoli.

Menjamu Donetsk di Stadion Etihad, City turun dengan skema 4-3-3. Pelatih Sky Blue Josep "Pep" Guardiola mempercayakan Leroy Sane, Sergio Aguero, dan Gabriel Jesus untuk mengisi lini depan.

Skema tiga  penyerang yang dipakai Guardiola pada laga tersebut ternyata jitu. Mereka pun mampu tampil dominan dan agresif. 

Baca: 1953: Chelsea Menelan Kekalahan Terbesar Sepanjang Sejarah

Statistik mencatat City mampu melepaskan tujuh tembakan tepat sasaran. Sedangkan Donetsk hanya mampu menciptakan dua tembakan mengarah ke gawang.

Meski tampil dominan, City tampak kerepotan menembus pertahanan Donetsk. Tidak ada peluang mengancam yang berhasil diciptakan The Citizens dalam 20 menit pertama.

Peluang berbahaya baru diciptakan City pada menit ke-30. Ketika itu, mereka sukses menciptakan peluang lewat Kevin De Bruyne yang meneruskan umpan Gabriel Jesus. Namun, tembakannya belum menemui tepat sasaran.

Namun, Donetsk tidak panik. Mereka juga mampu mengancam gawang City pada menit ke-40 lewat striker mereka, Facundo Ferreyra. Beruntung, tandukannya masih melenceng dari gawang.

Kedua tim tidak mampu menciptakan gol hingga babak pertama usai. Skor 0-0 bertahan.

Memasuki babak kedua, City menjaga intensitas serangan mereka. Bahkan kali ini, mereka mampu mencetak gol pada menit ke-48 yang diciptakan De Bruyne.

David Silva menjadi kreator dari gol tersebut. Ia melepaskan umpan yang sukses diteruskan dengan sepakan keras De Bruyne.

City semakin agresif usai mencetak gol tersebut. Agresivitas mereka bahkan membuat pertahanan Donetsk kelimpungan. 

Baca: Pemerintah Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Salah satunya terlihat pada menit ke-71. Ketika itu, bek Donetsk Ivan Ordets melakukan kesalahan dengan melanggar Leroy Sane di dalam kotak penalti. Wasit pun menunjuk titik putih dan memberikan kesempatan penalti kepada City.

Namun, kesempatan tersebut gagal dimanfaatkan baik oleh Sergio Aguero yang maju sebagai eksekutor penalti. Tembakannya mampu dibendung kiper Donetsk Andriy Pyatov.

Pelatih City Guardiola mencoba untuk melakukan sejumlah penyegaran di beberapa lini dalam sepuluh menit terakhir pertandingan. Dua pemain seperti Ilkay Guendogan dan Bernardo Silva dimasukkan untuk menggantikan David Silva dan Aguero.

Keputusan Guardiola itu membuahkan hasil. Pada menit ke-90, The Citizens sukses menambah gol lewat Raheem Sterling yang mendapat umpan dari Silva.

Gol tersebut menjadi gol terakhir pada laga tersebut. City memastikan kemenangan dengan skor 2-0.


Susunan pemain:

Manchester City: Ederson, Delph, Otamendi, Stones, Walker, Silva, Fernandinho, De Bruyne, Sane, Aguero, Jesus.

Shakhtar Donetsk: Pyatov, Butko, Ordets, Rakitskiy, Ismaily, Stepanenko, Fred, Marlos, Taison, Bernard, Ferreyra.


Video: PSSI Dapat Restu Pemerintah Ajukan Bidding Piala Dunia 2034

 


(PAT)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /