Pekan Keempat Fase Grup Liga Champions 2018--2019

Prediksi Atletico vs Dortmund: Dendam dan Asa si Merah Putih

A. Firdaus    •    06 November 2018 12:34 WIB
liga champions
Prediksi Atletico vs Dortmund: Dendam dan Asa si Merah Putih
Pelatih Diego Simeone mengemban tugas berat pada matchday keempat Liga Champions ini (Foto: AFP/OSCAR DEL POZO)

Madrid: Para pemain dan tentunya pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, masih mengingat bagaimana mereka kalah telak oleh Borussia Dortmund dua pekan lalu. Tentu hasil buruk itu tak ingin mereka ulangi, apalagi tekad besar diemban Atletico pada Liga Champions musim 2018--2019.

Seperti diketahui, final Liga Champions musim ini akan digelar di Stadion Wanda Metropolitano. Padahal Markas Atletico itu baru saja digunakan pada 16 September tahun lalu. Tentu ini menjadi sebuah kehormatan, sekaligus kesempatan Atletico untuk bisa mengangkat trofi si Kuping Besar di tanah sendiri.

Sayangnya, perjalanan untuk mencapai target besar itu harus dilalui Atletico dengan tidak mudah. Apalagi mereka sempat tersandung saat dikalahkan Dortmund pada laga ketiga. Tak tanggung-tanggung, pasukan Diego Simeone itu dibantai empat gol tanpa balas oleh Raksasa Bundesliga tersebut.

Modal Tuan Rumah Belum Mencukupi
Meski diakui oleh Simeone kalau skuatnya sedang mengalami fase yang bagus, toh klub berjuluk Los Rojiblancos atau Merah Putih ini tetap saja belum memiliki modal yang cukup baik untuk membalas kekalahan di Westfalen dua pekan lalu.

Lihat saja lawan-lawan yang mereka sepulang bertekuk lutut di Jerman lalu. Atletico hanya mampu menang atas Real Sociedad (2-0) di kandang sendiri. Selain itu mereka juga menang tipis atas tim divisi empat Spanyol, Sant Andreu, dalam ajang Copa del Rey, serta diimbangi Leganes 1-1 pada laga La Liga akhir pekan lalu.

Tapi paling tidak, untuk menjaga asa tetap lolos ke babak 16-besar, peluang Atletico tetap ada. Lucas Hernandez dan kawan-kawan minimal membutuhkan hasil imbang pada laga nanti, sambil berharap laga lain di Grup A antara Club Brugge dengan Monaco juga berakhir seri.

Sebaliknya, Dortmund asuhan Lucien Favre sejauh musim ini berjalan belum sekalipun menelan kekalahan di semua ajang. Selain bertengger di Bundesliga dengan keunggulan empat poin dari para rival, Dortmund juga meraih kemenangan pada tiga laga awal Grup A Liga Champions.

Rangkaian hasil positif ini tak lepas tangan dingin Favre. Eks juru taktik Nice ini sukses memaksimalkan skuat yang ada. Termasuk menonjolkan peran pemain muda seperti Jadon Malik Sancho. Gelandang jebolan akademi Manchester City ini telah menghasilkan lima gol sejauh ini.

Selain itu, peran Sancho kian mencolok saat membantu Dortmund membantai Atletico di Signal Iduna Park lalu. Pemain berusia 18 tahun itu mencetak gol perdana di Liga Champions yang membuatnya menjadi pemain Inggris pertama yang mencetak gol untuk klub non-Inggris.

Catatan Pertemuan tak Memihak Atletico
Sebelum pembantaian di Signal Iduna Park dua pekan lalu, kedua klub sudah empat kali bertemu. Terakhir terjadi pada fase grup Liga Champions 1996--1997.

Mereka masing-masing mencatatkan kemenangan tandang. Dortmund keluar sebagai pemenang ketika bertandang ke markas Atletico dengan skor 1-0. Kemudian Atletico membalasnya dengan skor 2-1 saat bermain di Jerman.

Catatan Pertemuan Kedua Klub
Grup A Liga Champions 2018--2019: Dortmund 4-0 Atletico
Grup B Liga Champions 1996--1997: Dortmund 1-2 Atletico
Grup B Liga Champions 1996--1997: Atletico 0-1 Dortmund
Piala Winner 1965--1966: Dortmund 1-0 Atletico
Piala Winner 1965--1966: Atletico 1-1 Dortmund

Prakiraan Formasi
Atletico (4-4-2):
Oblak; Juanfran, Savic, Godin, Luis; Correa, Rodrigo, Niguez, Koke; Griezmann, Costa

Dortmund (4-2-3-1): Burki; Piszczek, Akanji, Zagadou, Guerreiro; Witsel, Delaney; Pulisic, Reus, Sancho; Alcacer

Prediksi Medcom.id: Atletico 50-50 Dortmund

Masyarakat Antusias Sambut Piala AFF 2018



(PAT)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /