Liga Champions 2017--2018

Lakukan Dua Pelanggaran, Guardiola Didakwa UEFA

Patrick Pinaria    •    11 April 2018 23:45 WIB
liga champions 2017--2018
Lakukan Dua Pelanggaran, Guardiola Didakwa UEFA
Aksi Pep Guardiola (tengah) saat melakukan protes terhadap wasit pertandingan Manchester City kontra Liverpool (Foto: AFP/Anthony Devlin)

Nyon: Pelatih Manchester City Josep "Pep" Guardiola mendapat dakwaan dari Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Pria asal Spanyol tersebut didakwa karena dianggap melakukan dua pelanggaran saat mendampingi timnya menghadapi Liverpool pada leg kedua perempat final Liga Champions 2017--2018, Rabu 11 April.

Pelanggaran pertama dilakukan Guardiola saat babak pertama berakhir. Ketika itu, ia mencoba melakukan protes terhadap wasit pertandingan, Antonio Mateu Lahoz yang menganulir gol Leroy Sane pada laga tersebut. Keputusan itu diambil karena Lahoz menganggap Sane berada dalam posisi offside.

Namun, protes Guardiola dianggap terlalu berlebihan. Karena itu, ia diusir wasit dan dilarang mendampingi City pada babak kedua. Ketika itu, ia pun harus duduk di bangku penonton.

Baca: Jakmania Resmi Pecahkan Rekor Penonton di Piala AFC

Tidak hanya itu. Guardiola juga dianggap melakukan pelanggaran oleh UEFA karena melakukan komunikasi dengan staff City yang berada di bangku cadangan selama pertandingan.

Menurut peraturan UEFA yang tertuang pada pasal 69, setiap pelatih yang diusir wasit tidak dapat berkomunikasi secara langsung atau tidak langsung dengan pemain tim dan/atau staf teknis selama pertandingan.

Tidak hanya Guardiola. Pihak Liverpool juga mendapat dakwaan dari UEFA karena perilaku fan mereka yang melakukan kericuhan jelang menghadapi City dalam dua leg perempat final.

Baca: Liverpool Berharap tak Berjumpa Madrid

Ada empat dakwaan yang harus ditanggung Liverpool gara-gara ulah fan sendiri. Di antaranya adalah menyalakan kembang api, melempar benda-benda keras, tindakan kerusakan, dan termasuk tindakan penyerangan bus tim City jelang pertandingan leg pertama 5 April.

Karena pelanggaran tersebut, baik Guardiola dan Liverpool diminta untuk memenuhi panggilan UEFA pada 31 Mei. Saat itu, mereka diminta untuk menjelaskan pelanggaran yang mereka lakukan selama pertandingan kepada pihak UEFA. (BBC)


Video: Tiga Gol Terbaik Leg 1 Perempat Final LCE

 


(RIZ)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

11 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /