Tottenham Hotspur vs Juventus

Tekuk Spurs, Juventus Melaju ke Perempat Final Liga Champions

Kautsar Halim    •    08 Maret 2018 05:24 WIB
liga championstottenham hotspur
Tekuk Spurs, Juventus Melaju ke Perempat Final Liga Champions
Selebrasi kemenangan Juventus. (AFP PHOTO / Glyn KIRK)

London: Juventus memastikan diri ke perempat final Liga Champions 2017--2018. Tren positif itu mereka raih setelah menaklukkan Tottenham Hotspur dengan skor 1-2 pada leg 2 babak 16 besar.

Jalannya pertandingan berlangsung sengit di Stadion Wembley, Kamis 8 Maret dini hari WIB. Spurs yang unggul lebih dulu lewat gol Son Heung-Min, harus menyerah dengan sepasang gol dari Gonzalo Higuain dan Paulo Dybala.


Klik: Bingung Cari "Rumah", Persija Mengadu ke Menpora


Status sebagai tuan rumah membuat Spurs tampil lebih agresif. Mereka sempat mendominasi penguasaan bola dan bahkan memiliki peluang emas lebih banyak. Sayang, permainan efektif Juve tetap gagal dibendung.

Spurs unggul lebih dulu lewat gol Son Heung-Min setelah menyepak umpan Kieran Trippier pada menit ke-39. Giorgio Chiellini maupun Gianluigi Buffon gagal menjaga gawang Juve dari kebobolan karena Son cukup jeli mencari ruang kosong.

Keunggulan 1-0 milik Spurs sempat bertahan hingga turun minum. Namun Juventus tidak diam saja ketika memainkan babak kedua. Tidak lama setelah Kwadwo Asamoah dan Lichsteiner dimainkan, situasinya malah berbalik.


Klik: Piala AFC 2018: Bali United Naik ke Peringkat Dua


Gol penyeimbang Juventus tercipta setelah Higuain memanfaatkan umpan sundulan Sami Khedira pada menit ke-64. Berselang tiga menit kemudian, giliran Paulo Dybala yang mencetak gol penentu setelah menerima operan Higuain.

Spurs sempat mendominasi aliran serangan menjelang laga berakhir. Namun pertahanan Juventus tetap kokoh dan tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor tipis 1-2 untuk kemenangan Bianconeri akhirnya bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Hasil 1-2 sudah cukup untuk membuat Juventus keluar sebagai pemenang. Sebab, laga leg 1 di Italia berakhir dengan hasil imbang, 2-2. Juventus berhak melangkah ke perempat final dengan keunggulan skor agregat, 4-3. 


Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris; Trippier, Sanchez, Vertonghen, Davies; Dier, Dembele; Eriksen, Dele, Son; Kane
Cadangan: Vorm, Rose, Wanyama, Sissoko, Lamela, Lucas, Llorente

Juventus: Buffon; Barzagli, Benatia, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic, Matuidi; Dybala, Higuain, Douglas Costa
Cadangan: Szczesny, Rugani, Lichtsteiner, Asamoah, Marchisio, Sturaro, Bentancur


(KAU)