Pasca Final Liga Champions 2016--2017

Fakta Menarik di Balik Gelar Back to Back Liga Champions Real Madrid

Krisna Octavianus    •    04 Juni 2017 04:24 WIB
liga champions 2016--2017
Fakta Menarik di Balik Gelar <i>Back to Back</i> Liga Champions Real Madrid
Pemain Real Madrid (Foto: JAVIER SORIANO / AFP)

Metrotvnews.com, Cardiff: Real Madrid berhasil menjadi tim pertama di era Liga Champions yang berhasil meraih gelar back to back pada ajang paling bergengsi di daratan Eropa itu. Mereka menang telak 4-1 atas Juventus, Minggu 4 Juni dini hari WIB di Stadion Millennium Cardiff, Wales.

Madrid unggul pada menit ke-20 lewat gol Ronaldo. Akan tetapi, Juventus berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-31 lewat gol akrobatik Mario Mandzukic. Skor 1-1 bertahan sampai babak pertama usai.

BACA: Bekap Juventus, Madrid Catat Sejarah di Liga Champions

Pada babak kedua, Madrid berhasil menambah tiga gol lagi lewat Casemiro (61'), gol kedua Ronaldo (64'), dan gol pada menit terakhir lewat Marco Asensio (90'). Ini menjadi gelar ke-12 bagi Los Blancos di ajang Liga Champions atau La Duodecima.

Sementara itu, bagi Juventus ini adalah kekalahan kedua dalam tiga musim terakhir. Ini menjadikan I Bianconeri menjadi runner-up ketujuh kalinya di ajang Liga Champions.

Terselip kisah dan fakta menarik dari laga final yang tersaji di kampung halaman Gareth Bale itu. 

Berikut fakta menarik dalam laga final dini hari tadi:

1. Zinedine Zidane adalah manajer pertama yang memenangi gelar back to back di Piala Champions/Liga Champions sejak Arrigo Sacchi (AC Milan, 1989 & 1990).

2. Real Madrid adalah tim pertama di era Liga Champions yang mempertahankan trofi tersebut.

3. Juventus kini telah kebobolan lebih banyak gol di final daripada yang mereka dapatkan pada babak penyisihan grup sampai semifinal Liga Champions musim ini (3).

4. Juan Cuadrado telah menjadi pemain ketiga yang dikartu merah wasit di final Liga Champions, setelah Jens Lehmann dan Didier Drogba.

5. Cristiano Ronaldo telah mencetak gol ke-600 di semua kompetisi untuk klub dan negara.

7. Gianluigi Buffon telah kebobolan 6 gol melawan Cristiano Ronaldo di Liga Champions (dalam 5 pertandingan), lebih banyak daripada pemain lainnya.

8. Mario Mandzukic adalah pemain ketiga yang mencetak gol di final Piala Eropa/Liga Champions untuk dua tim berbeda setelah Velibor Vasovic & Cristiano Ronaldo.

9. Cristiano Ronaldo kini telah mencetak gol di tiga final Liga Champions, lebih banyak dibanding pemain lainnya.

10. Real Madrid telah memenangkan tiga final mereka jika Isco turun sebagai pemain inti (Piala Dunia Antarklub 2014, Copa del Rey 2014, dan Piala Super Eropa 2016).

11. Rata-rata usia starting line-up Juventus (30 tahun 336 hari) adalah kedua yang tertua yang main di final Liga Champions setelah Milan pada 2006--2007 (31 tahun 35 hari).

12. Gianluigi Buffon adalah pemain tertua ketiga yang tampil di final Piala Champions/Liga Champions (39 tahun 164 hari) setelah Dino Zoff dan Edwin van der Sar.

13. Ini adalah final Liga Champions kelima Cristiano Ronaldo - hanya Maldini, Gento (8), dan Alfedo Di Stefano (7) yang telah bermain lebih banyak.

14. Real Madrid adalah tim dengan lebih banyak gelar internasional (24) di semua sejarah sepak bola.

15. Juventus telah kalah dalam lima final Piala/Liga Champions terakhir mereka. Kedua kalinya setelah Benfica.

16. Cristiano Ronaldo adalah pemain ketiga yang mencetak empat gol di final Piala Champions/Liga Champions setelah Di Stefano (7) dan Puskas (4).

17. Real Madrid memenangi gelar La Liga dan Piala/Liga Champions dalam satu musim untuk pertama kalinya sejak musim 1957--1958.

18. Ronaldo adalah pemain pertama yang finis sebagai top skorer dalam lima kali berturut-turut di ajang Piala Champions/Liga Champions.

 


(KRS)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

15 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /