Jelang Barcelona vs Manchester City

Preview Barcelona vs Manchester City: Peran Guardiola untuk Akhiri Dominasi Barca!

A. Firdaus    •    19 Oktober 2016 12:47 WIB
barcelona 2016--2017
Preview Barcelona vs Manchester City: Peran Guardiola untuk Akhiri Dominasi Barca!
Josep Guardiola dan Luis Enrique (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu laga bergengsi dari grup C Liga Champions akan tersaji di Camp Nou antara Barcelona yang menjamu Manchester City, Kamis 20 Oktober dini hari nanti. Bagi City, laga ini bisa menjadi momen untuk mengakhiri dominasi Barca atas mereka selama ini di Liga Champions.

Menilik catatan empat pertemuan kedua klub di Liga Champions, tak sekalipun City menang atas Barca. Baik ketika bermain di Etihad Stadium, maupun di Camp Nou.

Tentu, ditunjuknya Josep Guardiola sebagai pelatih City bukan sekadar membawa klub berjuluk The Sky Blues itu merajai Liga Primer Inggris. Tetapi juga bisa bertaji di panggung Liga Champions.

Untuk bisa mewujudkan ambisi itu, City mesti bisa menaklukkan para rival mereka, termasuk Barcelona yang kebetulan menjadi pesaing mereka di grup C ini. Di sini peran Guardiola dibutuhkan City demi bisa mengakhiri dominasi Barca selama ini.

Baca: Jadwal Siaran langsung Liga Champions Dini Hari Nanti


Barcelona vs Guardiola
Seperti kita tahu, Guardiola punya kemenangan manis saat bersama Barcelona, dengan mempersembahkan 16 trofi untuk Blaugrana. Kini, dia akan datang ke Camp Nou dengan membawa panji The Citizens dengan misi yang sulit.

Ini bukan pertama kalinya Guardiola menyambangi Camp Nou sebagai pelatih lawan. Sebelumnya ia pernah ke stadion berkapasitas 99 ribu tempat duduk itu ketika masih melatih Bayern Muenchen.

Pada saat itu Muenchen arahan Guardiola tampil buruk dan harus mengakui kekuatan Barca dengan tiga gol tanpa balas. Meski mampu membalasnya pada pertemuan kedua dengan mengalahkan Barca 2-3, tak mampu membawa Muenchen yang saat itu berjuang memperebutkan tiket final Liga Champions 2014--2015.



Ujian Terbaik City
Namun pada laga nanti, pelatih asal Spanyol tersebut punya kekuatan yang tak kalah apiknya dengan apa yang ia punya di Barca. Termasuk kegemilangan Kevin De Bruyne dan ketajaman Sergio Aguero. Bisa dibilang ini merupakan era baru The Citizens dengan gaya permainan ala Guardiola.

Menariknya, permainan Barca saat ini juga masih disisipi warisan Guardiola yang kental dengan Tiki-Takanya. Bisa dikatakan kedua klub akan beradu taktik Tiki-Taka pada dini hari nanti.

Sayangnya, Guardiola diganggu dengan performa terkini anak-anak asuhnya. Dalam tiga laga terkini, The Citizens gagal meraih kemenangan. Termasuk saat dikalahkan Tottenham Hotspur pada awal bulan ini. Terkini mereka ditahan 1-1 oleh Everton pada ajang Liga Primer Inggris akhir pekan lalu.

Guardiola berharap para pemainnya bisa melupakan hasil buruk tersebut. Salah satunya Sergio Aguero yang dua kali gagal mengeksekusi penalti dalam sepekan. Selain bersama City, Aguero juga gagal saat bersama timnas Argentina menghadappi Paraguay pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Baca: Hasil Lengkap Pertandingan Liga Champions Dini Hari Tadi


Bagi Guardiola, ini bisa menjadi pertandingan ujian buat para skuatnya, untuk bisa kembali bangkit sebagai City yang tampil apik pada laga-laga awal musim.

"Ini adalah tes yang baik buat kami, melawan klub terbaik. Tapi fakta kami menarik (ketika melawan Celtic) berarti kami diwajibkan untuk memenangkan kembali beberapa poin," terang Guardiola.

Untuk itu, Guardiola berharap para pemainnya bisa tampil seimbang dan tetap mewaspadai Lionel Messi yang kembali tampil setelah mengalami cedera.

"Saya senang Messi adalah fit. Dia yang terbaik. Apa yang membuat striker Barcelona istimewa adalah bahwa mereka membutuhkan sangat sedikit peluang untuk mencetak gol. Saya ingin bertahan dengan baik dan menyerang dengan baik," tegas Guardiola.



Suntikan untuk Barca
Bagaimana dengan kondisi tuan rumah? Barcelona sudah bangun dari keterpurukan seiring kembalinya Messi dari cedera. Tentu ini menjadi suntikan yang baik dalam menyambut kedatangan pemegang empat gelar Liga Inggris.

"Itu akan selalu menjadi kabar baik buat kami untuk dapat mengatakan bahwa Leo Messi kembali. Dia membuat peluang, antara lini dan ketika dia bermain melebar. Semakin dia terlibat, semakin baik untuk Barcelona," ujar Enrique.

Luis Enrique menampik laga ini bukan atraksi kedua pelatih. Ia lebih senang untuk mengatakan kalau para pemain lah yang akan memutuskan laga ini.

"Pep benar-benar merupakan teman yang baik. Saya pikir dia pelatih terbaik di dunia. Saya suka mentalitas menyerangnya. Tapi ini bukan pertandingan antara pelatih. Para pemain adalah orang-orang yang akan memutuskan kemenangan dan kekalahan," jelas Enrique.

"City melakukan hal-hal yang besar sekarang, dan saya benar-benar melihat dampak besar dari Pep ketika dilihat dari cara mereka bermain," terangnya.

Prakiraan Susunan Pemain
Barcelona:
Ter Stegen; Sergi Roberto, Piqué, Mascherano, Alba; Rakiti?, Busquets, Iniesta; Messi, Suárez, Neymar.

Absen: Cillessen (engkel)

Manchester City: Bravo; Zabaleta, Stones, Otamendi, Clichy; Fernandinho, Gündo?an; Sterling, Silva, De Bruyne; Agüero.

Absen: Sagna (hamstring), Delph (otot)

Prediksi Metrotvnews.com: Barcelona 50-50 Manchester City


(FIR)

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor
Semifinal Leg 1 Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Kronologi Nihilnya Penjualan Tiket Timnas Indonesia di Markas Persikabo Bogor

1 hour Ago

PSSI dan ketua Panpel laga Indonesia versus Vietnam memberikan penjelasan mengenai pendistribus…

BERITA LAINNYA
Video /