Leg I Perempat Final Liga Champions 2016 -- 2017: Juventus vs Barcelona

Kilas Balik Tiga Pertemuan Terakhir Juventus vs Barcelona

Alfa Mandalika    •    11 April 2017 16:28 WIB
liga champions 2016--2017
Kilas Balik Tiga Pertemuan Terakhir Juventus vs Barcelona
Juventus vs Barcelona. (Foto: Sky Sports)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda pencinta Liga Champions, dini hari nanti akan terhampar laga sengit antara Juventus kontra Barcelona. Mereka akan memainkan leg pertama perempat final Liga Champions 2016 -- 2017.

Juventus kontra Barcelona bukan kali ini bertemu. Dari catatan Soccerway, sudah tiga kali dua tim yang disegani di Eropa ini bentrok. Hasilnya, kedua tim saling mengalahkan.

Pertemuan pertama terjadi pada Liga Champions 2002 -- 2003. Ketika itu, Bianconeri masih diperkuat nama-nama tenar seperti Pavel Nedved, Mauro Camoranesi, dan Alessandro Del Piero. 

Saat itu, mereka mampu melewati adangan Barcelona. Namun, Juventus gagal menjadi juara karena dibekap AC Milan pada partai final melalui adu penalti.

Baca: Prediksi Juventus vs Barcelona: Tuan Rumah Hapus Kenangan Pahit Dua Tahun Lalu


Berikut ini kilas balik pertemuan Juventus kontra Barcelona:

Leg pertama Babak 16 besar 2002 -- 2003 (9 April 2003)
Juventus datang dengan kekuatan penuh saat tampil pada babak 16 besar Liga Champions 2002 -- 2003 di Stadion Delle Alpi. Melawan Barelona, pelatih Marcelo Lippi menurunkan skuat terbaik.

Di kubu Barca juga tak mau kalah aksi. Pelatih Radomir Antic menurunkan pemain macam Patrick Kluivert, Marc Overmars, dan Javier Saviola. Bahkan, Luis Enrique yang saat ini menukangi Barca, berada di bangku cadangan.

Juventus membuka keran gol melalui aksi Paolo Montero. Meski berposisi sebagai pemain bertahan, ia tak segan membantu serangan. Alhasil, pada menit 16, ia menyambar bola liar di mulut gawang Barcelona. 



Namun, Barcelona mampu menyamakan kedudukan lewat aksi Saviola. Penyerang mungil itu melesakkan bola setelah sempat mengenai kaki Montero. Bola pun mengecoh kiper Gianluigi Buffon. Dan sampai pertandingan usai, skor 1-1 tetap bertahan.

Susunan pemain:
Juventus: Buffon, Ferrara, Tacchinardi, Montero, Tudor, Thuram, Zambrotta, Nedved, Camoranesi, Davids, Del Piero

Barcelona: Bonano, Reiziger, Frank de Boer, Puyol, Xavi, Saviola, Kluivert, Riquelme, Overmars, Gabri, Motta

Baca: Jadwal Siaran Langsung Perempat Final Liga Champions Dini Hari Nanti


Leg kedua Babak 16 besar 2002 -- 2003 (22 April 2003)
Melakoni leg kedua, Juventus tampil percaya diri di Stadion Camp Nou. Mereka tak gentar sedikit pun menghadapi puluhan ribu fan yang menyemut di stadion kebanggaan publik Catalan.

Pertandingan berjalan sengit. Buktinya, gol baru tercipta pada babak kedua. Ketika itu, Pavel Nedved yang menjadi aktornya.

Memiliki kecepatan dan dribling bola yang brilian, Nedved mampu melewati tiga pemain Barcelona sebelum memperdayai kiper Roberto Bonano pada menit 53. 


Barcelona vs Juventus di Camp Nou. (Foto: Ist)

Akan tetapi, Xavi Hernandez langsung merespons. Mendapatkan ruang tembak, ia langsung mengarahkan bola ke pojok kanan gawang Buffon. Skor menjadi imbang 1-1.

Setelah kedudukan berubah menjadi imbang, permainan kian sengit. Saking ketatnya, Edgar Davids harus mendapatkan kartu merah pada menit 79.



Kalah jumlah pemain, Juventus justru tampil spartan. Dan petaka untuk Barca tercipta pada menit 114. Adalah Marcelo Zalayeta yang menjadi mimpi buruk El Barca. Ia mencetak gol setelah memanfaatkan umpan silang Alessandro Birindelli. Skor 2-1 bertahan sampai pertandingan usai. Barca gagal melangkah ke perempat final.

Susunan pemain:
Barcelona: Bonano, Reiziger, Frank de Boer, Anderson, Puyol, Xavi, Saviola, Kluivert, Overmars, Enrique, Motta

Juventus: Buffon, Ferrara, Tacchinardi, Montero, Thuram, Zambrotta, Nedved, Camoranesi, Di Vaio, Davids, Del Piero

Final Liga Champions 2014 -- 2015 (7 Juni 2015)
Setelah momen buruk pada 2003, Barcelona akhirnya menuntaskan dendam pada Juventus. Lebih spesial lagi, Blaugrana mengalahkan Juventus pada partai final Liga Champions 2014 -- 2015.

Kedua tim yang tampil impresif sepanjang penyisihan grup memang disebut-sebut sebagai tim yang layak melaju ke final.

Juventus dengan gagah perkasa menundukkan Borussia Dortmund, AS Monaco, dan Real Madrid sehingga melaju ke final. Sedangkan Barca, mereka menyingkirkan Manchester City, Paris Saint Germain, dan Bayern Muenchen.



Pada laga yang dihelat di Olympiastadion Berlin itu berjalan tak berimbang. Terlihat, Barca begitu mendominasi sehingga Si Nyonya Tua sulit berkembang.

Dan benar saja, baru menit keempat, Ivan Rakitic sukses mengoyak gawang Buffon. Gol bermula dari tusukan yang dilakukan Andres Iniesta lalu ia memberikan umpan mendatar kepada Rakitic. Ia langsung meneruskan bola tanpa bisa dihalau Buffon.

Juventus sempat membuka asa lewat aksi Alvaro Morata. Memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Carlos Tevez, Morata dengan tenang melepaskan bola ke gawang Ter Stegen. Skor berubah menjadi 1-1.

Namun, Barca buru-buru mersepons. Serupa dengan gol Morata, kali ini Luis Suarez yang memanfaatkan bola sepakan Lionel Messi dan memaksa Buffon memungut bola untuk kedua kalinya pada menit 68.

Derita Juventus tidak berhenti sampai di situ, jelang pertandingan berakhir, Barcelona menambah pundi-pundi gol lewat aksi Neymar Da Silva. Sepakan keras kaki kirinya tak bisa dihalau Buffon. Sampai pertandingan usai, Barca menang telak 3-1. Barca pun meraih gelar juara kelima Liga Champions.

Susunan pemain:
Barcelona: Ter Stegen, Pique, Rakitic, Busquets, Alba, Alves, Mascherano, Iniesta, Suarez, Messi, Neymar

Juventus: Buffon, Barzagli, Bonucci, Lichstenier, Evra, Marchisio, Pogba, Pirlo, Vidal, Tevez, Morata

Video: Timnas U-16 Jalani Latihan Perdana
 


(ASM)

Video /