Liga Champions akan Terapkan Teknologi VAR

Gregah Nurikhsani Estuning    •    31 Agustus 2018 20:59 WIB
liga champions
Liga Champions akan Terapkan Teknologi VAR
Wasit hendak mengecek VAR. (Foto: AFP PHOTO / FRANCK FIFE)

Monaco: UEFA berencana untuk memanfaatkan teknologi VAR di Liga Champions. Penerapannya baru akan dilangsungkan musim depan.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengaku sebetulnya berniat mencoba untuk menerapkan VAR pada musim ini, terlebih ketika penggunaannya di Piala Dunia 2018 silam terbilang cukup sukses. Namun, hal tersebut tidak memungkinkan.

Ceferin lantas menegaskan bahwa VAR akan diterapkan musim depan, mulai dari babak kualifikasi dan juga di Piala Super Eropa, yakni laga yang mempertemukan juara Liga Champions dengan Liga Europa.

Klik: Kalahkan Ronaldo, Modric Jadi Pemain Terbaik Eropa 2017--2018

"Rencananya kami terapkan musim depan, dimulai di Piala Super Eropa. Jadi, VAR belum bisa diterapkan musim ini, tapi yang jelas tak bisa ditunda-tunda lagi," ujar Ceferin.

Ucapannya yang terkesan sepihak membuat banyak pihak mempertanyakan realisasi penggunaan VAR. Klub-klub peserta Liga Champions juga belum dimintai pendapatnya mengenai teknologi ini.

Ceferin paham betul akan persoalan tersebut. Untuk saat ini, ia masih akan melakukan perhitungan matang dan secara perlahan melobi klub anggota UEFA sembari membentuk tim pengadaan VAR.

"Ini lebih problematis ketimbang kelihatannya. Wilayah cakupan kami sangat luas, belum tentu seluruhnya sepakat. Namun, rencana utamanya adalah musim depan, tetap menunggu apa yang bakal terjadi. Saya tidak mau memprediksi semuanya 100 persen," pungkasnya.

Video: Jojo Ingin Kunjungi Korban Gempa Lombok
 


(FIR)


Cedera Membaik, Andik Vermansah Siap Hadapi Filipina
Piala AFF 2018

Cedera Membaik, Andik Vermansah Siap Hadapi Filipina

3 hours Ago

Andik mengalami cedera lengan membantu Indonesia menghadapi Thailand di Rajamangala Nation…

BERITA LAINNYA
Video /