Leicester City Menggebrak Eropa

Rahasia di Balik Kesempurnaan Leicester di Liga Champions

Achmad Firdaus    •    20 Oktober 2016 01:12 WIB
leicester city 2016--2017
Rahasia di Balik Kesempurnaan Leicester di Liga Champions
Skuat Leicester City saat menghadapi FC Kopenhagen di Liga Champions (Foto: AFP PHOTO / OLI SCARFF)

Metrotvnews.com, Leicester: Jawara Liga Primer Inggris musim lalu, Leicester City membuat kejutan besar di pentas Liga Champions. Pasukan Claudio Ranieri melakukan hal yang tidak bisa dilakukan klub Inggris lain, yakni menyapu bersih tiga laga awal di fase grup dengan kemenangan.

Kemenangan tipis 1-0 atas FC Kopenhagen, dini hari kemarin, menjadikan Leicester sebagai satu-satunya tim yang sejauh ini mencatat rekor sempurna. Barcelona, Napoli dan Atletico Madrid berpeluang mengikuti jejak The Foxes apabila menang di laga dini hari nanti.

Selain sukses meraup tiga poin pada tiga laga awal, Leicester juga terbukti sebagai tim dengan pertahanan terkokoh. Gawang Kasper Schmeichel belum kebobolan!

Performa sempurna Leicester di Liga Champions menjadi anomali dengan permainan mereka di Liga Primer Inggris. Di kompetisi domestik, Leicester justru tampil inkonsisten di mana mereka sudah kalah empat kali dari delapan laga. Sang juara pun harus menerima fakta tercecer di posisi 13 klasemen sementara.
 

Baca: Menang atas Copenhagen, Leicester Masuk Buku Rekor


Lantas, apa yang jadi rahasia di balik penampilan fenomenal Leicester yang mampu mengalahkan FC Kopenhagen, Club Brugge dan salah satu kuda hitam Eropa, FC Porto untuk kemudian memimpin klasemen sementara Grup G?

"Perbedaannya adalah karena ini adalah pertama kalinya kami tampil di kompetisi elite sekelas Liga Champions. Dalam karier saya, ketika Anda bermain di Liga Champions, maka pikiran Anda akan lebih fokus," ujar Ranieri.

"Anda akan sangat fokus pada pertandingan (Liga Champions), sehingga berdampak pada turunnya fokus ketika tampil di Liga dan saya harap kami bisa mengatasi masalah ini. Bagi saya, Liga Primer Inggris lebih penting dari Liga Champions," lanjutnya.

Baca juga: Leicester City Inkonsisten, Ranieri: Itu Normal

Dengan rekor sempurna yang mereka catatkan, Leicester kini hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Dan jika mampu terus menunjukkan performa konsisten, bukan tak mungkin Jamie Vardy dan kawan-kawan bakal mengulang dongeng indah yang musim lalu mereka ciptakan di Liga Primer Inggris.

Tampil sebagai juara di ajang Liga Champions rasanya bukan sebatas mimpi, apalagi jika melihat apa yang pernah dilakukan FC Porto pada 2003-2004, atau Timnas Yunani di Piala Eropa 2004. Mungkinkah?

Video: Cuplikan Pertandingan Liga Champions Eropa
 


(ACF)

Video /