Jelang Barcelona vs Juventus

Deretan Pemain yang Pernah Berkostum Barcelona & Juventus

Rendy Renuki H    •    19 April 2017 19:50 WIB
liga champions 2016--2017
Deretan Pemain yang Pernah Berkostum Barcelona & Juventus
Edgar Davids (CESAR RANGEL / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Barcelona akan menghadapi partai hidup-mati kontra Juventus pada leg kedua perempat final Liga Champions, Kamis 20 April dini hari. Pasalnya, Azulgrana memiliki devisit tertinggal tiga gol dari Bianconeri jelang laga di Camp Nou tersebut.

Ternyata, dibalik panasnya tensi pertandingan nanti, ada sejumlah pemain yang terdaftar pernah menjadi andalan kedua tim tersebut. Bahkan, deretan lima pemain ini pernah bermain bagi Barcelona setelah berseragam Juventus, pun sebaliknya.

Sebut saja mulai dari legenda Denmark Michael Laudrup hingga pemain yang kini masih aktif bermain seperti Martin Caceres. Mereka sempat bermain bagi kedua tim yang akan bentrok memperebutkan tiket semifinal Liga Champions musim ini.

Berikut deretan pemain yang pernah berkostum Barcelona dan Juventus:

1. Martin Caceres

(GIUSEPPE CACACE / AFP)

Bek asal Uruguay ini terdaftar sebagai salah satu anggota skuat Barcelona saat memenangkan gelar Treble Winners pada 2009 lalu. Caceres diboyong Barca ke Camp Nou dari Villarreal setelah tampil mengesankan saat dipinjamkan ke Recreativo Huelva.

Namun, padatnya skuat Azulgrana saat itu membuat Caceres tak mendapat kesempatan bermain secara reguler dan hanya tampil 13 kali. Membuat Barca memutuskannya meminjamkannya ke Juventus di awal musim 2009--2010.

Caceres akhirnya memutuskan hengkang secara permanen ke Turin setahun kemudian. Sayang, Caceres yang telah tampil 51 laga tertimpa cedera panjang yang membuatnya dilepas Juventus ke Southampton Februari lalu dengan status bebas transfer.


2. Edgar Davids

(MARCO BERTORELLO / AFP)

Bintang lini tengah Timnas Belanda juga pernah merasakan berkostum Barcelona setelah menjadi pemain kunci Juventus. "Si Anjing Pitbull" dibajak Azulgrana setelah menjalani tujuh musim gemilang di Turin.

(Baca: Prediksi Barcelona vs Juventus: Nasib La Vecchia Signora Lebih Baik dari PSG)


Davids yang mengoleksi 159 laga membantu Juventus meraih tiga gelar liga. Pelatih Juventus kala itu Marcelo Lippi bahkan menyebut Davids sebagai "nakhoda ruang mesin" di klubnya. 

Pada musim 2003--2004, Frank Rijkaard yang kala itu membesut Barcelona pun tertarik memoyongnya ke Camp Nou. Davids pun menyetujui transfer peminjaman jangka panjang tersebut, dan membantu membangun kembali skuat Barcelona saat itu yang finis kedua di klasemen La Liga.

 
3. Michael Laudrup

(Google/Fatastica10)

Legenda "Tim Dinamit" Denmark itu merupakan pionir pemain yang pernah memperkuat kedua tim tersebut. Kakak dari Brian Laudrup ini menjadi gelandang serang yang bisa merangkap striker bagi Juventus.

Ia total mengemas 102 laga untuk Bianconeri dan mencetak 16 gol pada 1985 hingga 1989. Sayang, namanya kala itu masih kalah mentereng dengan bintang Juventus lainnya macam Michel Platini dan Paolo Rossi.

Namun, layaknya pangeran yang berubah menjadi raja, Laudrup menemui puncak kariernya bersama Barcelona usai bergabung awal musim 1989--1990. Ia total mengemas 167 laga dan menyumpang 40 gol.

Barca pun berhasil dibawa menjuarai sejumlah gelar. Empat titel La Liga, satu Piala Champions, dan satu trofi Piala Spanyol membuat Laudrul langsung mencuri hati fan Barca.

Sayang, usai semua yang telah diberikannya, Laudrup justru berbalik dicaci suporter Azulgrana. Pasalnya, setelah berpetualang dengan Barca, Laudrup memutuskan hengkang ke rival utama mereka, Real Madrid pada 1994 lalu.


4. Lilian Thuram

(LLUIS GENE / AFP)

Thuram menjadi salah satu tembok kokoh lini pertahanan Juventus di eranya usai diboyong dari Parma pada 2001. Bianconeri bahkan mendapat predikat tim dengan pertahanan tersolid di Italia setelah Thuram menjalin kerja sama dengan Fabio Cannavaro, Paolo Montero, Gianluca Zambrotta, Giorgio Chiellini, dan Nicola Legrottaglie.

Bek Timnas Prancis ini mengemas total 200 penampilan bagi Juventus dan turut mempersembahkan dua gelar Serie-A. Sayang, kasus Calciopoli yang menyeret Juventus ke Serie-B membuatnya memutuskan hengkang ke Barcelona pada 2006.

Thuram pun sempat bermain sebanyak 40 laga bersama tim Katalan dan langsung turut mempersembahkan gelar Piala Super Spanyol 2006. Namun, masalah kesehatan yang menimpanya (kelainan jantung) membuat Thuram memutuskan pensiun pada akhir musim 2007--2008.


5. Gianluca Zambrotta

(FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Zambrotta diboyong Juventus dari Bari pada musim 1999--2000 dan menjadi salah satu pemain kunci di sana. Pemain yang sering beroperasi menjadi bek sayap ini mengemas total 300 penampilan bagi Juventus hingga akhir musim 2005--2006.

Kasus Calciopoli yang menimpa Juventus pun membuat Zambrotta menyusul jejak Thuram bergabung dengan Barcelona. Ia menghabiskan dua musim berseragam Azulgrana dan mengemas total 60 laga.

Namun, keinginannya untuk pulang ke Italia membuat Zambrotta menerima pinangan AC Milan musim 2008--2009. Rossoneri pun sempat dibawanya meraih gelar Scudetto pada 2010--2011 dan Piala Super Italia 2011.

Video: Kuipers Pimpin Laga Barcelona vs Juventus
 


(REN)

PSG akan Jadi Senjata Ronaldo untuk Menekan Madrid
Masa Depan Cristiano Ronaldo

PSG akan Jadi Senjata Ronaldo untuk Menekan Madrid

1 hour Ago

PSG dikabarkan siap menggelontorkan dana hingga 176 juta Poundsterling (Rp2,9 triliun) untuk me…

BERITA LAINNYA
Video /