Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Hattrick Mane Bawa Liverpool Taklukkan Porto

Kautsar Halim    •    15 Februari 2018 07:20 WIB
liverpool
<i>Hattrick</i> Mane Bawa Liverpool Taklukkan Porto
Sadio Mane merayakan golnya dalam laga Porto vs Liverpool. (AFP PHOTO / Francisco LEONG)

Porto: Sadio Mane "menggila" saat membantu Liverpool menghadapi Porto, Kamis 15 Februari dini hari WIB. Berkat tambahan hattricknya saat itu, The Reds menang 5-0 dan tinggal selangkah lagi menuju perempat final Liga Champions 2017--2018.

Masing-masing gol Mane tercipta pada leg 1 babak 16 besar tersebut tercipta pada menit 25, 53, dan 85. Sedangkan  dua gol kemenangan The Reds lainnya sukses dicetak Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Status sebagai tim tamu di Estadio Do Dragao tidak membuat Liverpool gentar di sepanjang pertandingan. Mereka tetap mampu tampil lebih agresif dengan mendominasi penguasaan bola serta memiliki peluang emas lebih banyak.
 

Klik: Bali United Berambisi Besar Lolos ke Final Piala Presiden


Porto selaku tuan rumah bukannya tanpa perlawanan. Mereka sempat beberapa kali mendapat peluang lewat serangan balik, namun penyelesaian akhir para penyerangnya kurang sempurna. Alhasil, tak ada satu pun gol yang tercipta.

Keunggulan Liverpool dibuka oleh Mane setelah menerima assist Georginio Wijnaldum pada menit ke-25. Kiper Porto, Jose Sa, tak kuasa membendung tendangan Mane karena arahnya yang menyulitkan. 

Menginjak menit ke-29, giliran Salah yang menggandakan keunggulan Liverpool. Golnya sangat bergaya sekali karena dilakukan dengan gerakan men-juggling bola di depan gawang. Kedudukan 0-2 untuk Liverpool bertahan hingga turun minum.

Bukannya mengejar ketertinggalan, Porto malah makin kewalahan ketika memainkan babak kedua. Entah faktor stamina atau kalah strategi, namun pertahanan mereka terlihat lebih renggang ketimbang pada babak pertama.
 

Klik: Tahan Imbang Juventus, Bukti Kekuatan Karakter Spurs


Situasi itu tidak disia-siakan Liverpool karena Mane langsung memperbesar keunggulan pada menit ke-53. Gol tersebut tercipta setelah memanfaatkan sepakan Roberto Firmino yang dimuntahkan kiper Porto.

Firmino yang berkali-kali membuka peluang akhirnya ikut mencetak gol pada menit ke-69. Ia berhasil mencetak gol keempat setelah setelah menerima umpan tarik datar Milner yang menyisir sisi kanan Porto.

Keunggulan Liverpool ditutup dengan manis oleh tendangan jarak jauh Mane pada menit ke-85. Danny Ings yang jarang dimainkan ikut berkontribusi dengan memberikan assist. Ings dipercaya tampil untuk menggantikan Firmino pada menit ke-80.

Dengan adanya kemenangan besar ini tentu memperbesar asa Liverpool menuju perempat final. Itu sangat mungkin terwujud apabila Liverpool mampu mempertahankan keunggulan agregat gol saat memainkan leg 2 di Stadion Anfield, Rabu 7 Maret dini hari WIB mendatang.

Susunan Pemain

Porto: Jose Sa, Ivan Marcano, Reyes, Alex Telles, Ricardo Pereira, Herrera, Sergio Oliveira, Otavinho, Brahimi, Tiquinho, Marega.

Liverpool: Karius, Lovren, Van Dijk, Robertson, Alexander-Arnold, Milner, Wijnaldum, Henderson, Roberto Firmino, Mohamed Salah, Mane.




(KAU)


Hansamu: Lawan Thailand Bagaikan Final
Piala AFF 2018

Hansamu: Lawan Thailand Bagaikan Final

1 hour Ago

Indonesia dan Thailand memang merupakan finalis edisi sebelumnya, Piala AFF 2016. Saat itu, Ind…

BERITA LAINNYA
Video /