Liga Champions 2017--2018

Oliver Dikritik Buffon, Ketua Wasit FIFA Pasang Badan

Patrick Pinaria    •    17 April 2018 14:55 WIB
liga champions 2017--2018
Oliver Dikritik Buffon, Ketua Wasit FIFA Pasang Badan
Massimo Busacca (Foto: AFP/Olga Maltseva)

Zurich: Wasit Michael Oliver menjadi sasaran kritik karena keputusannya memberikan hukuman penalti terhadap Juventus saat menghadapi Real Madrid pada leg kedua perempat final Liga Champions, Kamis 12 April. Salah satu kritik dilontarkan kiper Bianconeri Gianluigi Buffon.

Momen itu terjadi pada masa injury time. Ketika itu, Oliver memberikan hukuman penalti kepada Juventus setelah melihat pelanggaran Mehdi Benatia kepada Lucas Vazquez di dalam kotak penalti.

Kejadian itu sangat membekas dalam ingatan Buffon. Buktinya, ia masih meluapkan emosi ketika diwawancarai usai laga. Ia menganggap Oliver seharusnya tidak mengeluarkan keputusan kontroversial karena Juventus dalam momen yang krusial.

Baca: Jelang Semifinal Piala FA, Mourinho Sudah Pinggirkan Beberapa Pemain

Kritikan Buffon itu mendapat tanggapan dari Ketua Departemen Wasit FIFA, Massimo Busacca. Ia menilai kritikan yang dilontarkan Buffon tidak tepat karena tugas wasit hanya menentukan pelanggaran berdasarkan yang terlihat di dalam pertandingan. Bukan berdasarkan momen pertandingan.

"Anda harus membuat keputusan teknis dan disiplin dalam hitungan detik. Jadi, mustahil kami memikirkan kami sedang dalam momen seperti apa, apa yang terjadi sebelumnya dan seterusnya. Ini adalah salah satu dari pekerjaan di dunia yang membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk mengambil keputusan," ujar Busacca dikutip Football-Italia, Selasa 17 April 2018.

"Jelas saja jika kami harus memikirkan waktu 10 menit, kami akan dibingungkan dengan pertimbangan lain. Tetapi, saya jamin, ini pekerjaan yang sulit. Kami harus mengandalkan naluri kami," tambahnya. 

Baca: Gelandang PSG tak Menyesal Tolak Barcelona

Kesempatan penalti akhirnya berhasil dimanfaatkan oleh Cristiano Ronaldo yang maju sebagai eksekutor. Tembakan kerasnya yang mengarah ke kanan atas tidak bisa ditangkap Wojciech Szczesny yang masuk sebagai pengganti Buffon.

Gara-gara gol itu, Juventus pun harus tersingkir, kendati menang dengan skor 3-1 pada laga tersebut. Sebab, La Vecchia Signora tetap kalah dengan agregat 4-3. Sebelumnya, Los Blancos berhasil meraih kemenangan dengan skor telak 3-0 di markas Juventus pada leg pertama pekan lalu.  (Football Italia)


Video: Ancaman Sanksi Arema FC

 


(ASM)


Giggs Mengaku tak Masalah jika Bale Jadi Cadangan di Madrid
Jelang Real Madrid vs Liverpool

Giggs Mengaku tak Masalah jika Bale Jadi Cadangan di Madrid

1 hour Ago

Nasib Gareth Bale di skuat utama Real Madrid untuk final Liga Champions Minggu 27 Mei dini hari…

BERITA LAINNYA
Video /