Hasil undian semifinal Liga Champions 2017--2018

Fakta-fakta Menarik di Balik Duel Bayern Muenchen vs Real Madrid

Achmad Firdaus    •    13 April 2018 20:32 WIB
bayern muenchenreal madridliga champions 2017--2018
Fakta-fakta Menarik di Balik Duel Bayern Muenchen vs Real Madrid
Ilustrasi: medcom.id (Gregah Nurikhsani Estuning)

Jakarta: Bayern Muenchen dan Real Madrid harus kembali menunda mimpi melakoni duel perdana di babak final pentas Liga Champions. Keduanya harus kembali bentrok di babak semifinal.

Muenchen dan Madrid ditakdirkan harus kembali bersua dalam undian babak semifinal yang digelar UEFA di markasnya, Nyon, Swiss, Jumat 13 April 2018. Ini akan jadi pertemuan ke-25 dan ke-26 keduanya di pentas benua Biru, sekaligus menjadikan pertemuan kedua tim ini menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions.

Uniknya, dari total 24 laga yang sudah mereka mainkan, Madrid dan Muenchen belum pernah sekali pun bentrok di babak final. Mereka lebih sering bersua di babak semifinal. Dan pertemuan musim ini akan jadi duel ketujuh mereka di fase empat besar.

Sejauh ini, statistik mencatat kedua tim memiliki catatan yang seimbang. Baik Madrid dan Muenchen sama-sama memetik 11 kemenangan dari total 24 laga yang mereka mainkan.
 

Baca: Final Kepagian, Madrid Jumpa Muenchen di Semifinal


Selain beberapa fakta di atas, berikut medcom.id sudah merangkum sejumlah data dan fakta menarik lain yang melibatkan kedua tim tersebut.

- Dari 24 pertemuan yang sudah dilakoni, Madrid sukses menyarangkan 37 gol, unggul tipis dari Muenchen yang sukses menggetarkan gawang Madrid sebanyak 36 kali.

- Duel Bayern vs Muenchen yang akan memasuki edisi ke-25 dan 26, tercatat sebagai duel yang paling banyak terjadi di pentas Liga Champions.

- Dari 11 kali berduel dengan sistem dua leg, Madrid punya catatan lebih baik. Mereka memenangi enam laga --termasuk dua pertemuan terakhir--, sedangkan Bayern mengoleksi 5 kemenangan.

- Madrid sukses menyingkirkan Muenchen pada pertemuan terakhir di babak perempat final musim lalu yang berlangsung cukup dramatis. Madrid menang 2-1 di Munich, namun kalah 2-1 di Bernabeu. Namun, di babak extra time, Madrid sukses menyarangkan tiga gol dan membuat mereka menang 4-2.

- Cristiano Ronaldo jadi bintang dalam kesuksesan Madrid menyingkirkan Muenchen musim lalu. Dia mencetak hattrick, di mana dua golnya dicetak di babak extra time.

- Ronaldo juga punya catatan bagus saat bersua Muenchen. Dia mencetak tujuh gol dari tiga penampilan terakhirnya melawan Muenchen, atau sembilan gol dari total enam pertandingan melawan klub raksasa Jerman itu.

- Dalam lima pertemuan terakhir melawan Muenchen, Madrid tampil apik dengan mengoleksi 13 gol dan hanya kebobolan empat gol.

- Rekor Madrid dalam pertandingan dua leg melawan klub Jerman adalah 14 kali menang dan 4 kalah. Madrid juga selalu sukses mengalahkan klub asal Jerman di enam pertemuan terakhirnya, dengan mencetak 31 gol.

- Muenchen sudah 19 kali berhadapan dengan klub Spanyol. Hasilnya, mereka menang 9 kali dan kalah 10 kali. Dalam empat musim terakhir, Muenchen selalu disingkirkan klub asal Spanyol -- termasuk dua kali disingkirkan Madrid pada 2014 dan 2017.
 

Baca juga: Hasil Undian Semifinal Liga Europa: Final Prematur Arsenal vs Atletico


- Setelah mencetak rekor sebagai klub pertama yang juara (di era Liga Champions) dua kali secara beruntun, Madrid kini membidik sebagai klub pertama sukses mencatatkan hattrick juara di pentas Eropa. Jika sukses jadi juara, Madrid akan menyamai rekor Muenchen dan Ajax yang juga sukses mencatatkan hattrick juara saat format turnamen masih Piala Eropa, yakni 1974--1976. Namun, Madrid tercatat masih memegang rekor gelar beruntun terbanyak ketika memenangi lima edisi pertama Piala Eropa.

- Sebagai pelatih, Jupp Heynckes pernah mengantarkan Real Madrid juara Liga Champions pada 1998. Ia juga melakukan hal sama saat melatih Muenchen 15 tahun kemudian.

- Heynckes punya rekor 100 persen lolos ke final Liga Champions. Dari tiga edisi di mana ia tampil sebagai pelatih, ia selalu mampu mengantar timnya lolos ke final. Ia membawa Madrid lolos ke final pada musim 1997--1998 usai mengalahkan Borussia Dortmund. Bersama Muenchen pada musim 2011--2012 dan 2012--2013, Heynckes sukses membawa The Bavaria mengeliminasi Madrid dan Barcelona.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Malaysia Mundur, PSSI Timbang Senegal dan Uzbekistan untuk Anniversary Cup



(ACF)