Jelang Leg II Monaco vs Man City

Fakta Menarik Jelang Monaco vs Man City

Krisna Octavianus    •    15 Maret 2017 14:26 WIB
liga champions 2016--2017
Fakta Menarik Jelang Monaco vs Man City
Radamel Falcao (Foto: AFP/VALERY HACHE)

Metrotvnews.com, Jakarta: AS Monaco akan menjamu Manchester City pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis 16 Maret dini hari WIB. Laga diprediksi akan sengit karena tuan rumah mencoba mengejar defisit dua gol.

Kekalahan 3-5 pada leg pertama memaksa Monaco harus menang minimal 2-0 jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Bukan hal yang tidak mungkin mengingat mereka bisa mencetak tiga gol saat bertandang ke Etihad Stadium. 

BACA: Bungkam Sevilla, Leicester Secara Heroik Melaju ke Perempat Final

Monaco bisa merepotkan City. Selain berlaku sebagai tuan rumah, Moncao bakal tampil dengan kekuatan penuh. Sejauh ini, hanya Kamil Glik yang akan absen karena akumulasi kartu.

Situasi ini membuat tugas City tidak mudah. Apalagi Monaco tercatat menjadi tim yang menakutkan ketika bermain di kandang. Musim ini, mereka belum terkalahkan ketika main di kandang di kompetisi Eropa.

Sergio Aguero bisa menjadi andalan City setelah mulai rajin mencetak gol dalam beberapa laga terakhir. Bahkan, ia berhasil mencetak dua gol pada leg pertama.

BACA: Fakta Menarik di Balik Kemenangan Leicester atas Sevilla

Ada beberapa fakta menarik lain yang mengiringi pertarungan Monaco versus City. Berikut ini beberapa di antaranya.

MONACO
- Monaco mencari tiket perempat final kedua mereka dalam tiga musim. Sebelumnya, mereka berlaga di babak delapan besar pada 2015. Mereka lolos dari 16-besar setelah mengalahkan Arsenal.

- Mereka memiliki rapor kandang impresif di kompetisi Eropa pada musim ini. Monaco tidak terkalahkan dalam lima pertandingan saat menjamu lawan. Termasuk babak kualifikasi melawan Fenerbahce dan Villarreal (Menang 4, Seri 1).

- Monaco punya catatan bagus ketika berhadapan dengan tim Inggris pada musim ini. Mereka dua kali mengalahkan Tottenham Hotspur di babak penyisihan grup.

- Catatan kandang Monaco melawan klub-klub liga Inggris adalah menang empat kali, seri dua kali, dan kalah dua kali.

- Monaco telah memenangi empat laga dari lima laga dua leg melawan tim Inggris, termasuk kemenangan di ajang Liga Champions atas Manchester United FC (1997--1998), Chelsea (2003--2004), dan Arsenal (2014--2015).

- Pada 18 Maret 1997, Monaco mengalahkan Newcastle United 3-0 untuk mendapatkan kemenangan 4-0 di perempat final Piala UEFA dengan bantuan dua gol dari Ali Benarbia.

- Monaco telah memenangi tujuh laga dari 20 pertandingan di Eropa ketika kalah terlebih dulu pada leg pertama. Dua di antaranya terjadi pada musim ini. Tepatnya di babak kualifikasi putaran ketiga melawan Fenerbahce (1-2 tandang, 3-1 kandang) dan Villarreal di babak play-off (1-2 tandang, 1-0 kandang).

- Ketika kalah dengan selisih dua gol pada leg pertama, Monaco hanya memenangi satu laga dari enam pertandingan. Satu-satunya laga itu adalah comeback hebat melawan Real Madrid pada perempat final Liga Champions musim 2003--2004 (2-4 tandang, 3-1 kandang). 

MANCHESTER CITY
- City mencoba untuk melaju ke perempat final untuk kedua kalinya sepanjang sejarah.

- Mereka tanpa kemenangan tandang di Liga Champions musim ini dengan torehan seri dua kali dan kalah sekali.

- City mengalahkan Paris Saint-Germain di perempat final tahun lalu. Setelah bermain imbang 2-2 di Paris, mereka menang 1-0 pada leg kedua.

- Josep Guardiola selalu berhasil dalam tujuh musim terakhir ketika melakoni babak 16 besar. Peristiwa itu terjadi saat melatih Barcelona dan FC Bayern Muenchen.

- City berhasil memenangi lima dari enam pertandingan kompetisi Eropa saat unggul terlebih dahulu pada leg pertama dan bertindak sebagai tuan rumah. Anomali terjadi saat melawan Juventus pada Piala UEFA msuim 1976--1977 (1-0 kandang, 0-2 tandang).

 


(HIL)

Data & Fakta Menarik Real Madrid vs Atletico Madrid
Semifinal Liga Champions 2016--2017

Data & Fakta Menarik Real Madrid vs Atletico Madrid

4 days Ago

Madrid selalu mampu melewati hadangan Atletico dalam empat kali bentrok di pentas Eropa.…

BERITA LAINNYA
Video /