Barcelona 2016--2017

Barcelona Raja Comeback di Liga Champions

Krisna Octavianus    •    13 April 2017 12:00 WIB
liga champions 2016--2017
Barcelona Raja <i>Comeback</i> di Liga Champions
Pemain Barcelona merayakan kemenangan atas PSG (Foto: Josep Lago / AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kemenangan telak 3-0 atas Barcelona pada leg pertama babak perempat final Liga Champion membuat Juventus dan penggemarnya bersukacita. Mereka berharap bisa lolos meski masih ada leg kedua. 

Bianconeri harus waspada. Sebab, La Blaugrana ternyata rajanya comeback di Liga Champions.

BACA: Bagi Klopp, Lolos Liga Champions Adalah Sukses Besar

Dua gol Paulo Dybala dan satu dari Giorgio Chiellini membuat Barcelona pulang dari J Stadium dengan kepala tertunduk. Azulgrana harus menang dengan skor 4-0 jika mau lolos otomatis ke semifinal. Minimal mereka bisa membalas 3-0 dalam 90 menit agar laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Kewaspadaan Juventus terhadap kemampuan comeback Barca tak bisa dikesampingkan begitu saja. Tak usah jauh-jauh, Barcelona bisa sampai ke perempat final setelah melakukan comeback luar biasa menyikirkan Paris Saint-Germain.

Pada leg pertama mereka kalah 0-4. Akan tetapi, secara gemilang mereka menang 6-1 pada leg kedua yang dihelat di Stadion Camp Nou. Ini menjadi comeback terhebat sepanjang sejarah Liga Champions.

BACA: Kesan Ronaldo setelah Mempermalukan Bayern Muenchen

Hal itu harus menjadi perhatian Juventus ketika bertandang ke markas Barcelona pekan depan. Pasalnya, La Blaugrana ternyata punya beberapa catatan comeback di Liga Champions.

Berikut deretan comeback Barcelona di Liga Champions:

1. Perempat final musim 1999-2000 vs Chelsea
Pada leg pertama di Stamford Bridge, Barcelona menelan kekalahan 1-3. Pada waktu itu, banyak yang merasa Azulgrana akan kesulitan untuk membalikkan keadaan. Apalagi Chelsea sempat memperkecil kedudukan menjadi 1-2 lewat Tore Andre Flo. Namun, secara gemilang mereka menang 5-1 pada leg kedua di Camp Nou lewat gol Rivaldo (2 gol), Luis Figo, Dani, Patrick Kluivert.

2. Perempat final musim 2001--2002 vs Panathinaikos
Memang Barcelona cuma kalah 0-1 pada leg pertama. Akan tetapi, yang membuat mereka tampak sulit lolos ketika kebobolan terlebih dahulu pada awal babak pertama. Kehebatan Azulgrana tampak ketika Luis Enrique menyamakan kedudukan dan bahkan membuat timnya berbalik unggul pada awal babak kedua. Javier Saviola akhirnya memastikan satu tiket ke semifinal bagi Barcelona lewat golnya pada menit akhir babak kedua.

3. Babak 16 besar musim 2012--2013 vs Milan
AC Milan secara heroik berhasil membungkam Barca kala bertanding di San Siro dengan skor 2-0. Banyak pihak yakin ini akan menjadi kesempatan I Rosooneri menyingkirkan Barcelona. Akan tetapi, pada leg kedua, Azulgrana menang 4-0 lewat gol-gol dari Lionel Messi (2 gol), David Silva, dan Jordi Alba. 

Video deretan comback Barcelona bisa dilihat di sini

 


(ASM)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

26 minutes Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /