Prediksi Juventus vs Barcelona: Tuan Rumah Hapus Kenangan Pahit Dua Tahun Lalu

Hilman Haris    •    11 April 2017 12:36 WIB
juventus 2016--2017barcelona 2016--2017liga champions 2016--2017
Prediksi Juventus vs Barcelona: Tuan Rumah Hapus Kenangan Pahit Dua Tahun Lalu
Juventus vs Barcelona saat final Liga Champions 2014--2015

Metrotvnews.com, Turin: Juventus pernah kalah dari Barcelona di final Liga Champions 2014--2015. Kala itu, Blaugrana sukses menjadi juara usai menang dengan skor 3-1. Gol-gol Barcelona dihasilkan oleh Ivan Rakitic, Luis Suarez, dan Neymar. Sedangkan gol Juventus dihasilkan oleh Alvaro Morata. Striker yang saat ini sudah berseragam Real Madrid.

Sudah banyak yang berubah sejak pertandingan itu. Juventus makin tajam di lini depan seiring kedatangan Gonzalo Higuain pada awal musim 2016--2017. Lini belakang La Vecchia Signora juga tambah kokoh berkat keberadaan Dani Alves di sisi kanan dan performa Leonardo Bonucci serta Giorgio Chiellini  yang makin padu.

Sebaliknya, Blaugrana justru mengalami penurunan performa. Lionel Messi dkk tidak lagi mempertontonkan aksi memukau seperti musim 2014--2015. Kini, Barcelona rentan kalah dalam pertandingan penting. Buktinya, skuat asuhan Luis Enrique tersebut pernah kalah 0-4 dari Paris Saint-Germain pada leg 1 babak 16-besar Liga Champions musim ini. 

Terbaru, Luis Suarez dkk kalah 0-2 dari Malaga di pentas La Liga Spanyol 2016--2017, Minggu 9 April. Ini menjadi kekalahan kedua Barcelona dalam lima laga terakhir. Sebelumnya, mereka keok oleh Deportivo La Coruna dengan skor 0-2 pada 12 Maret 2017.

Fakta itu membuat optimisme Bonucci meningkat. Baginya, mengalahkan Barcelona dan lolos ke semifinal Liga Champions 2016--2017 bukan hal mustahil buat La Vecchia Signora.

"Barcelona tidak kuat seperti dua tahun lalu. Menurut saya, kualitas mereka masih kalah dari Bayern Muenchen. Bayern menjadi tim paling kuat di Liga Champions musim ini," ujar Bonucci.

"Kami sudah banyak berubah. Kini, tidak ada Vidal, Pirlo, dan Pogba. Namun, pemain yang ada di dalam tim sudah mulai mengerti satu sama lain. Mereka tahu pergerakan rekan ketika bertahan dan menyerang," tambah Bonucci. 

Juventus sedang dalam kondisi bagus dari segi mental dan fisik jelang melawan Barcelona. Jadi, Blaugrana butuh kerja keras untuk meruntuhkan lawan. Sialnya, sejarah tidak memihak Barcelona untuk membawa pulang kemenangan dari kandang lawan. Sebab, statistik mencatat bahwa Barcelona tidak pernah menang di markas Juventus. Kans Blaugrana menang makin kecil karena Juventus sudah tidak terkalahkan dalam 21 laga kandang di kompetisi Eropa.

Hasil seri menjadi 'oleh-oleh' paling realistis yang bisa dibawa Blaugrana. Toh, kemungkinan hasil itu terjadi tetap kecil. Juventus sudah berubah secara signifikan sejak kalah dari Barcelona dua tahun lalu. Berbekal tren positif beberapa laga terakhir serta rasa ingin balas dendam yang kuat, Juventus rasanya akan memenangkan pertandingan kontra Barcelona kali ini.

Prakiraan starting XI
Juventus: Buffon; Dani Alves, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic, Khedira; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuaín.
Absen: Pjaca (cedera)

Barcelona: Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Umtiti, Jordi Alba; Rakitic, Mascherano, Iniesta; Messi, Luis Suarez, Neymar.
Absen: Busquets (sanksi), Rafinha, Aleix Vidal, Arda Turan (cedera)

3 Pertemuan Terakhir
07/06/2015 Juventus 1-3 Barcelona
22/04/2003 Barcelona 1-2 Juventus
09/04/2003 Juventus 1-1 Barcelona

5 Pertandingan Terakhir
Juventus: M M S K M
Barcelona: K M M M K

 


(HIL)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

8 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /