Leg 1 Perempat Final Liga Champions 2016--2017

Data dan Fakta Jelang Juventus vs Barcelona

Achmad Firdaus    •    11 April 2017 19:55 WIB
juventus 2016--2017barcelona 2016--2017liga champions 2016--2017
Data dan Fakta Jelang Juventus vs Barcelona
Selebrasi Ivan Rakitic dan pemain Barcelona usai mencetak gol pembuka kemenangan 3-1 atas Juventus di final Liga Champions musim 2014--2015 (Foto: http://a3.espncdn.com/)

Metrotvnews.com, Jakarta: Juventus berpeluang menuntaskan dendam atas kekalahan dari Barcelona di final Liga Champions 2014--2015. Keduanya akan bentrok di babak perempat final Liga Champions musim 2016--2017.

Juventus akan bertindak sebagai tuan rumah pada leg pertama di J Stadium, Rabu 12 April dini hari nanti WIB. Peluang untuk menuntaskan dendam terbuka mengingat saat ini skuat Blaugrana dinilai tidak sekuat dua tahun silam.

Meski masih mengandalkan sosok Lionel Messi dan Neymar da Silva, penampilan Barcelona di musim ini tidak terlalu mentereng. Teranyar, klub peraih lima titel Liga Champions ini harus takluk 0-2 dari klub semenjana, Malaga di pentas La Liga, akhir pekan kemarin.

Di sisi lain, Juve akan menyambut Barca dengan kepercayaan diri tinggi usai meraih kemenangan 2-0 atas Chievo di pentas Serie A akhir pekan kemarin.
 

Baca: Prediksi Juventus vs Barcelona: Tuan Rumah Hapus Kenangan Pahit Dua Tahun Lalu


Rekor kandang Juve juga sangat impresif. Di musim ini mereka belum pernah kalah di hadapan publik sendiri. Khusus di pentas Eropa, armada Si Nyonya Tua tak terkalahkan dalam 21 laga kandang.

Selain fakta di atas, masih banyak data dan fakta menarik lain yang mengiringi kedua tim jelang bentrok dini hari nanti. Berikut Metrotvnews telah merangkumnya dari berbagai sumber.

FAKTA JUVENTUS
- Juve saat ini tengah memimpin klasemen Serie A Italia dengan koleksi 77 poin atau unggul enam angka dari AS Roma di posisi dua.

- Ini akan jadi kali ke-17 Juventus tampil di babak perempat final Liga Champions. Dalam 16 laga sebelumnya, Bianconeri mencatatkan rekor 11 kali menang dan 5 kali kalah.

- Juventus tidak terkalahkan dalam 21 laga kandang di pentas Eropa (12 menang, 9 imbang). Kekalahan kandang terakhir mereka terjadi pada April 2013 ketika ditumbangkan Bayern Muenchen 0-2.

- Dalam empat laga kandang yang mereka mainkan di Liga Champions musim ini, Juve meraih dua kemenangan dan dua kali imbang.  
 
- Juve sudah 14 kali berhadapan dengan klub asal Spanyol dengan format kandang-tandang. Hasilnya, Juve menang 8 kali dan kalah 6 kali.

- Di musim ini, Juve juga sempat bersua klub Spanyol, Sevilla di fase grup. Sempat diimbangi 0-0 di Turin, Juve berhasil menggebuk Sevilla 3-1 di Spanyol.

- Secara keseluruhan, rekor Juve ketika menghadapi klub asal Spanyol adalah; 14 menang, 8 imbang dan 2 kali kalah.

- Laga melawan Barcelona akan jadi laga emosional buat bek Juventus Dani Alves. Sebab, ia sempat mengenakan kostum Blaugrana selama enam musim (2008--2016) dan memenangi tiga titel Liga Champions, termasuk ketika mengalahkan Juve di final tahun 2015.

- Mario Mandzukic (Atletico Madrid), Sami Khedira dan Gonzalo Higuain (Real Madrid) adalah deretan pemain Juve yang sempat berkarier di Spanyol.

- Juventus bisa memainkan seluruh pemain terbaiknya di laga nanti. Hanya Marko Pjaca yang harus absen karena cedera. 
- Hanya Juan Cuadrado pemain Juve yang terancam absen pada leg kedua jika mendapatkan kartu kuning pada pertandingan nanti.
 

Baca juga: Ronaldo dan Messi Berburu 100 Gol


BARCELONA
- Barcelona saat ini menempati posisi dua klasemen sementara La Liga Spanyol dengan raihan 69 poin, terpaut tiga poin dari seteru abadinya, Real Madrid di puncak klasemen.

- Barca sukses melaju ke babak perempat final selama sepuluh musim secara beruntun. Rekor Barca selama sembilan kali tampil di babak perempat final sebelumnya adalah; 14 kali menang dan 4 kali kalah. Dari empat kekalahan tersebut, salah satunya didapat ketika berhadapan dengan Juventus pada musim 2002--2003.

- Rekor tandang Barca di Liga Champions musim ini bisa dibilang kurang bagus. Dua kali kalah dari total tiga laga tandang terakhir yang dijalani. Termasuk saat kalah 0-4 dari Paris Saint Germain di babak 16 besar.

- Dari 10 laga tandang terakhir, Barca mencatatkan 4 kemenangan dan 4 kali kalah. Sementara dua sisanya berkesudahan imbang.

- Dalam format dua leg, Barca sudah 11 kali bersua klub asal Italia. Hasilnya cukup bagus di mana Barca sukses meraih delapan kemenangan dan hanya tiga kali kalah.

- Kunjungan terakhir Barca ke Italia berakhir dengan hasil imbang 1-1 melawan AS Roma di fase grup musim ini.

- Secara keseluruhan, rekor Barca menghadapi wakil Italia adalah; 6 menang, 9 imbang dan 5 kali kalah.
 
- Barca tidak bisa memainkan Sergio Busquets karena harus menjalani sanksi akumulasi kartu. Adapun, Rafinha, Aleix Vidal dan Arda Turan juga harus absen karena cedera.

- Neymar, Gerard Pique dan Ivan Rakitic harus bermain hati-hati di Turin. Sebab, jika mendapatkan kartu kuning, mereka akan absen pada leg kedua.

Video: ?Preview Juventus vs Barcelona
 


(ACF)

Resmi, Manchester City Dapatkan Bek Monaco
Bursa Transfer Pemain

Resmi, Manchester City Dapatkan Bek Monaco

5 hours Ago

Manchester City resmi mendapatkan bek AS Monaco, Benjamin Mendy. …

BERITA LAINNYA
Video /