Babak I: Persija Jakarta vs Home United

Diwarnai Dua Kartu Merah, Persija Tertinggal dari Home United

Patrick Pinaria    •    15 Mei 2018 20:36 WIB
piala afc
Diwarnai Dua Kartu Merah, Persija Tertinggal dari Home United
Situasi saat Persija Jakarta berduel dengan Home United (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Persija Jakarta tampil kurang memuaskan saat menjamu Home United pada leg kedua semifinal zona Asia Tenggara Piala AFC 2018, Selasa 15 Mei. Diunggulkan menang karena bermain di markas sendiri, Macan Kemayoran justru harus tertinggal sementara dengan skor 1-3.

Persija sejatinya mampu tampil dominan dalam penguasaan bola. Statistik mencatat penguasaan bola mereka mencapai 68 persen.

Namun, dalam hal agresivitas, Home United justru lebih unggul ketimbang Persija. Tercatat, tim tamu mampu melepaskan tiga tembakan mengarah ke gawang. Sedangkan Persija menciptakan dua tembakan mengarah ke gawang.

Baca: Susunan Pemain Persija Jakarta vs Home United

Home United sudah menunjukkan agresivitas sejak awal babak pertama. Bahkan, pada menit keenam, mereka sukses mencetak gol lewat Shahril Ishak yang mampu memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri.

Persija mencoba untuk bangkit. Pada menit kesembilan, mereka menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Marko Simic. Kesempatan penalti didapat Persija usai Novri dijatuhkan di dalam kotak penalti.

Home United langsung merespons. Mereka langsung membombardir pertahanan Persija. Pada menit kesepuluh, mereka mendapat kans penalti setelah salah satu pemain Shahril Ishak dijatuhkan oleh Rezaldi Hehanusa di dalam kontak penalti.

Ishak maju sebagai eksekutor. Namun, tembakannya masih bisa ditepis kiper Persija Rizky Darmawan. Hanya saja, bola masih liar di dalam kotak penalti sehingga bisa dimanfaatkan kembali oleh Ishak.

Baca: Korsel Umumkan Skuat Sementara untuk Piala Dunia 2018

Persija semakin apes setelah mereka harus kehilangan Jaimerson pada menit ke-37. Ia mendapat kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Ui-Young.

Unggul jumlah pemain, Home United tampak leluasa untuk menguasai pertandingan. Bahkan, pada menit ke-44, mereka sukses mencetak gol tambahan. Kali ini, gol lahir dari Song Ui-Young yang memanfaatkan umpan dari Sirina Camara.

Persija kembali kehilangan pemain jelang turun minum. Salah satu kiper cadangan mereka, Daryono diusir wasit karena melakukan protes keras terhadap wasit. Sang kiper melakukan protes karena tidak terima dengan keputusan wasit yang memberikan kartu merah terhadap Jameirson.

Hingga turun minum, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Skor 3-1 untuk keunggulan Persija.


Susunan pemain:

Persija Jakarta: Rizky, Maman, Ismed, Jaime, Novri, Rezaldi, Ramdani, Rohit, Sandi, Riko, Simic.

Home United: Rudy, Jantan, Qaiyyim, Hamzah, Roslan, Shafiq, Ayob, Abdullah, Song, Mohan Kumar, Ishak.


Video: Menpora Kenakan Kaos Asian Games Bertema Film Avengers

 


(ACF)