Piala AFC 2018

Dianggap Kontroversial, Ini Rekam Jejak Wasit Persija vs Home United

Patrick Pinaria    •    15 Mei 2018 23:24 WIB
piala afc
Dianggap Kontroversial, Ini Rekam Jejak Wasit Persija vs Home United
Turki Al Khudhayr (Foto: Twitter Ittihad FC Club)

Jakarta: Nama Turki Al Khudhayr mendadak menjadi sorotan. Kinerja dan keputusan-keputusannya selama memimpin leg kedua babak semifinal Wilayah Asia Tenggara Piala AFC 2018 antara Persija Jakarta kontra Home United menjadi penyebabnya. 

Selama pertandingan, ada dua keputusan Al Khudhayr yang menjadi sorotan. Pertama terjadi pada menit ke-10. 

Ketika itu, ia memberikan kesempatan penalti kepada Home United karena pelanggaran Rezaldi Hehanusa terhadap Shahril Ishak di dalam kotak penalti. Namun, jika dilihat dalam tayangan ulang, Rezaldi tampak tidak terlihat melakukan pelanggaran kepada Ishak. 

Baca: Diwarnai Kontroversi, Persija Tersingkir dari Piala AFC

Keputusan kontroversial kembali diambil oleh Al Khudhayr. Wasit asal Arab Saudi tersebut memberikan kartu kuning kedua kepada Jameirson saat beradu body dengan Song Ui-Young pada menit ke-37. Padahal, Jameirson tidak melakukan pelanggaran keras saat itu.

Bukan hanya Jameirson yang diusir Al Khudhayr. Jelang turun minum, kiper ketiga Persija Daryono turut diusir wasit karena melakukan protes berlebihan.

Terlepas dari keputusan kontroversialnya, Al Khudhayr juga banyak dalam memberikan kartu sepanjang laga tersebut. Total, ada enam kartu kuning dan dua kartu merah yang ia keluarkan.

Turki memang dikenal sebagai wasit yang cukup royal dalam mengeluarkan kartu. Terutama dalam kartu kuning. Jika ditotal dalam 31 laga terakhir yang dipimpin, ia sudah mengeluarkan 116 kartu kuning. Artinya, hampir empat kartu kuning yang ia keluarkan setiap pertandingan.

Baca: Teco: Wasit Merugikan Persija!

Pertandingan pada babak perdelapan final Piala AFC 2016 antara Mohun Bagan kontra Tampines Rovers menjadi catatan Turki yang paling boros dalam mengeluarkan kartu kuning. Saat itu, ia terhitung mengeluarkan tujuh kartu kuning.

Catatannya dalam memberikan kartu merah juga terbilang royal. Dalam 31 laga terakhir, ia sudah mengeluarkan sepuluh kartu merah.

Tak hanya soal kartu. Turki juga cukup mudah memberikan kesempatan penalti terhadap lawan. Setidaknya ada 12 penalti yang ia berikan dari 31 laga terakhir.


Video: Salam Perpisahan Wenger untuk Arsenal

 


(ACF)


Video /