Nantes Jalani Laga Emosional Kenang Emiliano Sala

Rendy Renuki H    •    31 Januari 2019 10:00 WIB
liga dunia
Nantes Jalani Laga Emosional Kenang Emiliano Sala
Laga Nantes kontra Saint Etienne sarat emosi mengenang Emiliano Sala (Twitter/FC Nantes)

Nantes: FC Nantes menjalani laga emosional pada lanjutan pekan ke-22 Ligue 1 Prancis melawan Saint-Etienne, Kamis 31 Januari. Laga yang berkesudahan 1-1 itu sarat dengan emosi mengenang striker Nantes, Emiliano Sala, yang dinyatakan hilang pekan lalu dalam perjalanan pesawat ke klub barunya, Cardiff City.

Sebelum laga dimulai, Stade de la Beaujoire, markas Nantes, sudah dipenuhi atribut berbau sang pemain. Suporter tuan rumah banyak membentangkan jersey bernomor sembilan milik Sala, hingga spanduk besar pemain asal Argentina itu.

Bukan hanya suporter tuan rumah saja, para pemain Nantes juga memakai jersey spesial pada pertandingan tersebut. Seluruh jersey pemain Nantes bertuliskan nama Sala, meski mereka masih tetap menggunakan nomor punggung masing-masing.

Tak ketinggalan, Saint-Etienne yang bertindak sebagai tim tamu juga memberikan penghormatan. Para pemain memakai kaos bertuliskan "Pray for Sala" saat memasuki lapangan pada pertandingan kandang pertama Nantes usai tragedi hilangnya Sala.

Suasana kian emosional setelah wasit Frank Schneider menghentikan laga di menit sembilan. Memberikan kesempatan seisi stadion memberikan penghormatan kepada Sala, yang membuat pelatih Nantes, Vahid Halilhodzic tak kuasa membendung air mata.
 

"Ini adalah salah satu pertandingan kandang yang paling berat saya jalani sebagai pelatih. Tetapi saya bangga kepada para pemain serta publik yang telah memberikan dukungan," kata Halilhodzic di Twitter resmi klub.

Meski begitu, pertandingan tetap berjalan menarik, bahkan dengan tensi yang tetap tinggi. Terbukti kedua tim harus bermain dengan 10 orang setelah Fabio Pereira (Nantes) dan Yann M'Vila (St-Etienne) mendapatkan kartu merah di pengujung babak pertama.

Nantes juga sempat tertinggal lebih dahulu di babak kedua setelah tim tamu mencetak gol menit Remy Cabella menit 58. Namun, berhasil disamakan oleh tuan rumah lewat gol Abdul Majeed Waris di menit 70, dan membuat skor 1-1 bertahan hingga usai.

Hingga kini, pesawat yang ditumpangi Sala menuju Cardiff belum juga ditemukan. Namun, kabar terakhir menyebutkan puing yang diduga bagian pesawat ditemukan di sebuah pantai di Prancis.

Badan Investigasi Kecelakaan Pesawat (AAIB) memastikan benda tersebut merupakan bantal kursi dari pesawat yang ditumpangi Sala. "Dari penilaian awal, kami menyimpulkan ini sepertinya bantal yang berasal dari pesawat yang hilang," bunyi pernyataan AAIB.

 


(REN)