Jelang Piala Asia U-19

Selain Egy, Ini Lima Wonderkid yang Dinanti Aksinya di Piala Asia U-19

A. Firdaus    •    18 Oktober 2018 06:13 WIB
piala asia u-19
Selain Egy, Ini Lima <i>Wonderkid</i> yang Dinanti Aksinya di Piala Asia U-19
Logo Piala Asia U-19 (Foto: AFC)

Jakarta: Dengan hitungan kurang dari 24 jam, Piala Asia U-19 akan memulai kick off-nya. Mumpung dimainkan di Indonesia, para pencinta sepak bola Tanah Air tentu akan menunggu permainan Egy Maulana Vikri membela skuat Garuda Nusantara.

Tapi Piala Asia U-19 edisi ke-40 ini bukan hanya panggung untuk Egy. Ada beberapa wonderkid yang aksinya patut dinanti. Dikutip dari situs resmi AFC, berikut lima pemain yang dinanti aksinya demi bisa membawa negaranya jadi juara. Paling tidak, lolos ke semifinal demi mengamankan tiket Piala Dunia U-20 di Polandia tahun depan.

-Cho Young-Wook (Korea Selatan)

Posisi: Striker
Usia: 19 Tahun 
Klub: Seoul

Young-Wook memiliki bakat dan pengalaman di barisan depan tim muda Korea Selatan pada Piala Asia U-19. Seperti halnya Egy dan Saddil Ramdani, pemain klub FC Seoul ini juga dibutuhkan kontribusinya di skuat Korsel U-23. Tercatat ia telah tampil membela Korsel U-23 sebanyak enam kali pada tahun ini.

Sebelumnya, Young-Wook juga menjadi pencetak gol terbanyak pada kualifikasi Piala Asia U-19 tahun lalu. Ia mencetak enam gol kala itu dan berpeluang mengantarkan Korsel untuk meraih trofi ke-13 di ajang Piala Asia ini.

-Takefusa Kubo (Jepang)

Posisi: Gelandang Serang
Usia: 17 tahun
Klub: Yokohama Marinos

Pemain termuda kedua yang dimiliki Masanaga Kageyama pada turnamen yang berlangsung di Indonesia ini. Kubo, yang baru-baru ini menjadi pencetak gol termuda kedua di J1-League melakukan debut liganya bersama Yokohama Marinos melawan Vissel Kobe Agustus lalu.

Kubo pernah berlatih bersama La Masia di Barcelona saat ia berusia 10 tahun. Di sana Kubo menghabiskan empat tahun sebelum akhirnya kembali ke Jepang.

Wonderkid yang dijuluki Messi dari Jepang ini memiliki pengalaman turnamen yang mumpuni. Dia mencetak empat gol pada Piala Asia U-16 2016 lalu dan masuk ke skuat Jepang di Piala Dunia U-17 dan U-20 tahun lalu, meski usianya saat itu masih 15 tahun.

-Sebastian Pasquali (Australia)

Posisi: Gelandang
Usia: 18 tahun
Klub: Ajax Amsterdam

Pasquali memperkuat timnas Australia junior pada usia 16 tahun. Penampilannya mulai disorot dunia ketika ia membela Melbourne Victory melawan juara Italia, Juventus dalam laga pramusim. 

Seiring waktu berjalan, Pasquali direkrut salah satu klub Eredivisie Belanda, Ajax pada musim panas ini. Meski hingga saat ini ia belum mencicipi debut dengan juara Liga Champions empat kali tersebut.

-Feras Al Brikan (Arab Saudi)
Posisi: Striker
Usia: 18 tahun
Klub: Al Nassr

Arab Saudi harus berterima kasih kepada Feras Al Brikan. Sosok berusia 18 tahun ini menjadi tulang punggung lolosnya Arab Saudi dari fase Kualifikasi Piala Asia U-19 tahun lalu. 

Mencetak hattrick melawan India dan memberikan gol kemenangan ke gawang Turkmenistan membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak untuk Arab Saudi di level junior. Tentu penampilannya ingin ia jaga demi bisa membawa pulang trofi Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 1992 ke tanah kelahirannya.

Tao Qianglong (Tiongkok)
Posisi: Striker
Usia: 16 tahun
Klub: Hebei China Fortune

Penyerang tengah yang baru akan berusia 17 tahun dua minggu lagi, Qianglong masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-70 dalam laga pembuka Tiongkok pada Kualifikasi Piala Asia tahun lalu. 

Tak berhenti di situ, Qianglong memberikan kejutan dengan mencetak gol ke gawang pada injury time. Gol yang berarti kemenangan Tiongkok saat menemui jalan buntu menghadapi tim lemah Kamboja.

Kerangka Skuat Timnas di Piala AFF Mulai Terbentuk



(FIR)


Video /