Piala AFC U-16: Indonesia vs Australia

Respons Fakhri Husaini usai Indonesia Dikalahkan Australia

Alfa Mandalika    •    01 Oktober 2018 19:39 WIB
liga dunia
Respons Fakhri Husaini usai Indonesia Dikalahkan Australia
Fakhri Husaini bersama Timnas U-16. (Foto: Antara/Zabur Karuru)

Kuala Lumpur: Timnas Indonesia U-16 harus mengakui keunggulan Australia U-16 di ajang Piala AFC U-16. Sutan Zico dan kolega harus mengubur mimpi tampil di Piala Dunia U-17 2019 usai dikalahkan Australia 2-3 pada babak perempat final, Senin 1 Oktober 2018.

Pelatih Timnas U-16 Fakhri Husaini menilai, anak asuhnya lemah mengantisipasi bola-bola mati. Selain itu, postur tinggi penggawa Australia menjadi salah satu alasan Indonesia sulit mengimbangi permainan Australia.

"Ini hasil yang kami harus dapatkan. Kesalahan kecil harus dibayar mahal. Kami kalah dari bola-bola mati. Karena postur tubuh mereka," kata Fakhri dalam keterangan tertulis yang diterima medcom.id, Senin 1 Oktober 2018.

"Australia tim yang bagus, mereka memiliki dasar sepak bola yang baik. Kami kesulitan mengantisipasi bola-bola atas. Gol pertama mereka langsung meruntuhkan semangat pemain saya," ujar Fakhri.

"Itu lahir dari kompetisi usia muda mereka yang sudah berjalan dengan baik. Kompetisi usia muda harus segera dan terus menerus digenjot. Dan berjalan bersama-sama. Komunikasi antara pemerintah, swasta, dan federasi amat diperlukan untuk menghasilkan pemain-pemain muda berbakat dan berkualitas," tutur Fakhri.

Baca: Australia Jegal Langkah Indonesia ke Piala Dunia


Meski begitu, Fakhri mengaku bangga atas perjuangan anak asuhnya di lapangan. Selain itu, dia berharap anak asuhnya cepat bangkit dari kegagalan ini.

"Saya bangga dengan perjuangan anak-anak di lapangan. Mereka harus belajar menerima hasil. Ini sepak bola. Tidak semua hasil yang kita harapkan bisa menjadi kenyataan," sambung Fakhri.

"Mereka harus bangkit kembali dan melupakan hasil ini, karena mereka punya masa depan cemerlang di hadapannya. Timnas usia muda bukan masalah banyaknya piala dan gelar yang diraih. Ini pembinaan. Semoga mereka bisa lebih berkembang dan memberikan kontribusi untuk timnas-timnas di atasnya," papar Fakhri.

'Terima kasih kepada suporter Indonesia yang sangat luar biasa atas dukungannya selama ini," pungkasnya.

Australia dijadwalkan akan bersua Jepang pada babak semifinal yang akan berlangsung pada 4 Oktober.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Suporter Bola di Indramayu Gelar Deklarasi Damai


(ASM)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /