Jelang Semifinal Piala AFF U-18

Prediksi Indonesia vs Thailand: Pembuktian Garuda Nusantara

Rendy Renuki H    •    15 September 2017 11:23 WIB
piala aff u-19
Prediksi Indonesia vs Thailand: Pembuktian Garuda Nusantara
Ilustrasi Timnas Indonesia U-19 (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan berat Thailand pada semifinal Piala AFF U-18, Jumat 15 September. Laga di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar ini bisa menjadi ajang pembuktian skuat Garuda Nusantara di level usia muda.

Sempat digasak Vietnam 0-3 di babak penyisihan Grup B, Indonesia mampu membuktikan diri lolos dengan predikat pemuncak klasemen. Hasil itu diraih Timnas U-19 setelah pada laga terakhir sukses melumat Brunei Darussalam dengan skor 8-0.

Membuat Indonesia berhasil bercokol di puncak dengan unggul selisih gol dari Myanmar dan Vietnam. Meski ketiga tim mengumpulkan poin sama yakni sembilan, namun Indonesia unggul produktivitas gol dengan memasukkan 19 dan kemasukan empat.

Sementara Myanmar yang menemani Indonesia ke semifinal mengantongi 17 gol memasukkan dan tiga gol kemasukan. Nahas bagi Vietnam yang harus mengubur impian ke semifinal meski meraih produktivitas gol yang sama dengan Myanmar, namun kalah 1-2 pada laga terakhir dari tuan rumah.

(Baca: Hadapi Thailand, Timnas U-19 Harus Siap Fisik, Taktik dan Mental)


Sedangkan Thailand melaju ke semifinal dengan berstatus runner-up Grup A. Tim muda Gajah Putih kalah produktivitas gol dari Malaysia yang menjadi pemuncak klasemen meski sama-sama meraih 13 poin.

Indonesia patut mewaspadai Thailand karena sepanjang penyisihan grup, tim asuhan Marc Alavedra Palacios belum pernah merasakan kekalahan. Satu-satunya hasil minor Thailand adalah saat ditahan imbang 1-1 oleh Malaysia pada laga terakhir Grup A.

Pelatih Indra Sjafri pun menegaskan akan menerapkan permainan fisik dibarengi taktik dan mental untuk meredam Thailand. Indra pun sangat memantau kondisi kebugaran pemainnya karena laga yang sedianya digelar petang, dimajukan menjadi sore hari.

"Kami harus siap secara taktik, fisik, dan mental. Saya selalu menekankan para pemain agar percaya diri, fokus, dan optimistis menghadapi pertandingan besok," kata Indra Sjafri dalam rilis PSSI, Kamis, (14/9/2017).

Timnas U-19 pun tampak hanya akan kehilangan kiper Muhammad Riyandi yang mengalami cedera. Sisanya, seluruh penggawa Garuda Nusatara siap diturunkan Indra Sjafri untuk menghadapi Thailand.

Namun, satu pemain Timnas U-19, Feby Eka Putra tampak masih akan dipantau perkembangannya. Jika pun dimainkan, Feby tampaknya tak akan bermain penuh selama 90 menit karena kondisinya yang belum fit usai mengalami sakit radang.

Perkiraan susunan pemain:

Indonesia (4-4-1-1): Muhammad Aqil Savik, Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Kadek Raditya, Samuel Christianson, Luthfi Kamal, Muhammad Iqbal, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Rafli Mursalim.

Thailand (4-4-1-1): Kantaphat Manpati, Wudtichai Kumkeam, Kritsada Kaman, Jaturapat Sattham, Teerapat Laohabut, Chokanan Saima-in, Panyawat Nisangram, Ekanit Panya, Naravit Kaosantia, Yuthapichai Lertlum, Suriya Chaisuk.

Prediksi Metrotvnews.com:
Indonesia 50 - 50 Thailand

Video: Pesan Indra Sjafri untuk Timnas U-19 Sebelum Lawan Thailand
 


(REN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /