Empat Stadion yang Bakal Melakoni "Debut" di Piala AFF 2018

M. Rizky Adhestian    •    31 Oktober 2018 22:23 WIB
piala aff
Empat Stadion yang Bakal Melakoni
Phnom Penh Olympic Stadium, Kamboja (Foto: TripAdvisor)

Jakarta: Ajang Piala AFF 2018 bukan hanya mengadopsi peraturan baru, di mana tidak ada lagi tuan rumah pusat untuk babak penyisihan grup. Tetapi, akan ada juga empat stadion yang akan digunakan untuk pertama kalinya di ajang sepak bola terbesar Asia Tenggara itu.

Kamis 8 November mendatang, laga ini akan mulai digelar dengan laga pembuka antara Kamboja kontra Malaysia di Grup A. Duel ini akan digelar di Stadion Phnom Penh Olympic, yang belum pernah sekali pun menggelar laga Piala AFF.

Baca: Timnas Vietnam Rilis 25 Pemain untuk Piala AFF 2018

Selain Kamboja, beberapa negara lain di mana stadionnya akan melakoni "debut" di pertandingan Piala AFF di antaranya; Filipina, Laos dan Myanmar.

Berikut profil singkat stadion-stadion yang akan menjalani debut di Piala AFF 2018:

1. Pana-ad Stadium


(Sumber Foto: Mapio.net)

Lokasi: Bacolod, Negros Occidental, Filipina
Diresmikan: 1998
Kapasitas: 20.000

Pana-ad menjadi akan menjadi stadion paling kecil dari segi kapasitas. Stadion ini terletak di daerah Bacolod, di mana pertumbuhan sepak bola relatif tinggi. Timnas Filipina akan menjamu Singapura dan Thailand di sini.

2. New Laos National Stadium


(Sumber Foto: StadiumDB.com)

Lokasi: Vientianne, Laos
Diresmikan: 2009
Kapasitas 25.000

Selama perhelatan Piala AFF, Timnas Laos diketahui belum pernah bermain di kandang, terutama di turnamen-turnamen besar. Namun, regulasi baru penyisihan grup Piala AFF memungkinkan Thimsad --julukan Laos-- untuk melakukannya pertama kali di New Laos Stadium.

3. Mandalar Thiri Stadium


(Sumber Foto: WordPress.com)

Lokasi: Mandalar, Myanmar
Diresmikan: 2013
Kapasitas: 30.000

Mandalar Thiri Stadium terletak di kota Mandalay, yang merupakan kota terbesar kedua Myanmar. Markas Yadanarbon FC ini sebelumnya pernah dijadikan venue SEA Games 2013 untuk cabang olahraga sepak bola sepak bola putri dan Piala AFF Putri 2016.

4. Phnom Penh Olympic Stadium


(Sumber Foto: TripAdvisor)

Lokasi: Phnom Penh, Kamboja
Diresmikan: 1964
Kapasitas: 50.000

Dari segi kapasitas, Phnom Penh Olympic Stadium menjadi yang terbesar di antara stadion-stadion debutan lainnya. Stadion berusia 54 tahun ini sudah seperti SUGBK bagi Kamboja.




(ACF)


Video /