Pada Hari Ini

2001: Eriksson Dinobatkan sebagai Pelatih Berkepribadian Terbaik

Kautsar Halim    •    05 November 2017 08:56 WIB
pada hari ini
2001: Eriksson Dinobatkan sebagai Pelatih Berkepribadian Terbaik
Sven-Goran Eriksson. (AFP PHOTO / Johannes EISELE)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sven-Goran Eriksson pernah meraih penghargaan menarik pada 5 November 2001 silam. Saat itu, ia dinobatkan sebagai tokoh sepak bola dengan kepribadian paling baik dari tanah kelahirannya, Swedia.

Apresiasi Asosiasi Sepak Bola Swedia (SvFF) itu terbilang unik karena penghargaan seperti itu biasanya bertajuk pelatih terbaik akhir tahun. Kendati demikian, cara penilaiannya tetap sama, yakni diberikan berdasar catatan prestasi di sepanjang 2001.

Eriksson menjadi pelatih dengan kepribadian terbaik setelah mengalahkan nominasi lain seperti Lars Lagerback dan pelatih timnas Swedia, Tommy Soderberg. Prestasi para nominasi lain dianggap tidak lebih baik dengan pencapaian Eriksson sebagai pelatih timnas Inggris.


Klik: Permalukan Dortmund, Muenchen Mulai Tinggalkan Para Pesaing


Sebelum ditangani Eriksson, The Three Lions terlihat sangat kesulitan untuk mengarungi Kualifikasi Piala Dunia 2002. Saat itu mereka sempat ditaklukkan Jerman dan ditahan imbang tanpa gol oleh Finlandia.

Peruntungan timnas Inggris langsung berubah setelah merekrut Eriksson sebagai pelatih pada Januari 2001. Di bawah tangan dinginnya, timnas Inggris sukses menyabet lima kemenangan beruntun yang salah satunya adalah menaklukkan Jerman 5-1 di Muenchen.

Tren positif timnas Inggris sempat terhenti lantaran hanya bermain imbang 1-1 kontra Yunani pada 6 Oktober. Meski demikian, tambahan satu poin dari hasil imbang itu sudah cukup untuk memastikan langkah Inggris menuju Piala Dunia 2002 Korea Selatan dan Jepang.


Klik: Messi Capai Laga ke-600, Barca Hanya Menang Tipis atas Sevilla


Ketika menerima penghargaan pelatih berkepribadian terbaik, Eriksson tak lupa mengucapkan terima kasih kepada David Beckham yang mencetak gol penyeimbang saat timnas Inggris menjamu Yunani. Ucapan terima kasih itu juga menyasar kepada Tord Grip yang bertugas asisten pelatih saat Eriksson membesut Lazio dan timnas Inggris.

Eriksson pernah mengantarkan Inggris ke perempat final Piala Dunia 2002, Piala Eropa 2004, dan Piala Dunia 2006. Tapi, tak ada satupun gelar juara yang diraih. Saat ini, Eriksson masih aktif menjadi pelatih di Tiongkok bersama tim Shenzen FC. Sebelum ke Tirai Bambu, sempat menangani Manchester City (2007-2008), timnas Meksiko (2008-2009), timnas Pantai Gading (2010), dan Leicester City (2010-2011). (tdfih)

 


(KAU)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /