Jelang Final Liga Europa: Marseille vs Atletico

Data Fakta jelang Final Liga Europa: Marseille vs Atletico

A. Firdaus    •    16 Mei 2018 10:46 WIB
liga europa 2017--2018
Data Fakta jelang Final Liga Europa: Marseille vs Atletico
Trofi Liga Europa (Foto: @Atleti)

Jakarta: Pemegang dua gelar Liga Europa, Atletico Madrid, akan ditantang Olympique Marseille dalam final Liga Europa 2017--2018. Bertanding di Stadion Parc Olympique Lyonnais, yang memang dekat dengan markas Marseille, Atletico punya catatan mentereng yang membuat mereka tak gentar ketika bertemu klub Prancis.

Atletico melangkah ke final usai menyingkirkan salah satu kandidat juara, Arsenal. Dalam dua pertemuan, pasukan Diego Simeone menang agregat 3-2.

Meski tak gentar, Simeone tetap mewaspadai kualitas yang dimiliki Marseille. Dengan status tak diunggulkan, pasukan Rudi Garcia bakal bermain lepas tanpa beban.

Klik di sini: Kemenangan Home United Diraih Berkat Pengalaman dan Keberuntungan

"Kami punya kesempatan kecil untuk memenangkan laga, tapi kami akan pergi dengan segala kekuatan. Bermain melawan Atletico merupakan momen besar untuk kami. Ini klub yang bermain di dua final Liga Champions dan klub yang memenangkan gelar ini selama dua kali," ujar Garcia.

"Tapi final di Prancis adalah kesempatan yang fantastis. Belum ada klub dari Prancis yang memenangkan trofi ini dan itu akan fantastis jika kami bisa membuat yang pertama," lanjut mantan allenatore Roma itu.

Laga di Stadion Parc Olympique Lyonnais bukan pertemuan yang pertama bagi kedua klub. Atletico dan Marseille sudah sudah dua kali berjumpa, di mana Los Rojblancos menang sekali dan sekali imbang.

Klik di sini: Ganti Pelatih, Performa PSIM Menanjak

Selain fakta di atas, tim medcom.id juga akan membeberkan sejumlah fakta lainnya terkait pertemuan Marseille dan Atletico di final yang akan berlangsung dini hari nanti WIB:

-Marseille adalah pemenang pertama pada edisi perdana Liga Champions.

-Atletico juga menjadi pemenang pertama pada edisi perdana Liga Europa.

-Marseille telah menang empat dan delapan kali kalah dari 15 pertemuan menghadapi klub Spanyol.

-Dua dari empat kemenangan Marseille yang hadir didapatkan dari satu klub yang sama, yaitu Athletic Bilbao.

-Delapan kekalahan yang diterima Marseille, salah satunya ketika takluk atas Valencia di final Piala UEFA.

-Atletico memiliki catatan 12 laga menghadapi klub Prancis. Di mana mereka menang enam kali, lima kali imbang dan sekali kalah.

-Satu-satunya kekalahan didapat Atletico ketika menghadapi Lens dengan skor 2-4 pada putaran keempat Piala UEFA 1999--2000.

-Atletico belum kalah menghadapi klub dari Prancis di Prancis sejak September 1961.

-Marseille telah memainkan empat laga final di kompetisi Eropa. Sementara Atletico telah masuk ke final sebanyak olima kali dalam sembilan musim belakangan ini.

Tanggapan Jakmania Usai Persija Gagal ke Final Piala AFC



(ASM)