Debut Manis Usain Bolt di Sepak Bola

Patrick Pinaria    •    12 Oktober 2018 22:43 WIB
liga dunia
Debut Manis Usain Bolt di Sepak Bola
Usain Bolt (Foto: AFP/Peter Parks)

 Sydney: Usain Bolt akhirnya mencetak gol debut dalam karier profesionalnya. Sejarah baru itu diciptakan mantan pelari dunia tersebut saat memperkuat tim Australia, Central Coast Mariners kontra Macarthur South West pada laga uji coba, Jumat 12 Oktober.

Gol tersebut diciptakan Bolt pada menit ke-57. Mendapatkan umpan dari striker Mariners, Ross McCormack, pemain asal Jamaika tersebut melepaskan tembakan menyusur tanah.

Tidak butuh waktu lama, Bolt berhasil menambah catatan golnya. Ia kembali membobol gawang Macarthur pada menit ke-68. Torehan Bolt semakin terasa istimewa setelah kedua golnya mampu membawa Mariners meraih kemenangan dengan skor telak 4-0.

Baca: Penjelasan Exco PSSI terkait Isu Penghentian Pertandingan

Bolt pun menyambut sukacita atas pencapaiannya itu. Apalagi, gol ini dicetaknya saat melakoni debutnya sebagai starter bersama Mariners.

"Debut saya sebagai starter dan bisa mencetak dua gol. Catatan yang bagus," ujar Bolt.

"Saya bahagia bisa bergabung di tim ini dan menunjukkan kemampuan saya di dunia. Saya semakin baik bersama Mariner, mampu memperlihatkan yang terbaik, dan bisa menjadi bagian tim ini," tambahnya.

Bolt merupakan salah satu pelari dunia profesional. Selama kariernya, berbagai prestasi ia catatkan termasuk memenangkan delapan medali emas di ajang Olimpiade, sebelum memutuskan pensiun pada 2017.

Setelah itu, keputusan mengejutkan dibuat Bolt. Tepatnya pada 2018, ia mengumumkan akan 'banting setir' menjadi pesepak bola. Salah satu olahraga yang ia favoritkan.

Baca: Seorang Pemain U-19 Terancam Dicoret dari Skuat

Demi mewujudkan impiannya menjadi pesepak bola, Bolt memutuskan untuk bergabung dengan salah satu tim Norwegia Stromgodset. Namun, saat itu, ia hanya mengikuti latihan bersama Stromgodset. Kemudian, ia juga mengikuti beberapa laga persahabatan. Salah satunya bersama tim kesebelasan dunia untuk acara amal Soccer Aid di Old Trafford.

Pada Agustus, Bolt diberi tawaran bergabung latihan bersama salah satu klub Liga Australia (A-League) Central Coast Mariners. Kemudian, ia diberi kesempatan melakoni debut saat Mariners menghadapi Gosford pada 31 Agustus. Namun, statusnya saat itu ia menjadi pemain pengganti.

Debutnya sebagai starter akhirnya didapat Bolt pada 12 Oktober. Istimewanya, ia berhasil mampu mencetak dua gol pada laga tersebut. (BBC)


Video: Peran Relawan di Asian Para Games 2018

 


(ACF)