Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa

Southgate: Inggris Berhutang kepada Joe Hart!

Kautsar Halim    •    12 Oktober 2016 06:55 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Southgate: Inggris Berhutang kepada Joe Hart!
Pelatih sementara Inggris Gareth Southgate memberikan pengarahan kepada Joe Hart. (GLYN KIRK / AFP)

Metrotvnews.com, Ljubljana: Inggris berhasil mencuri satu poin ketika bertandang ke markasa Slovenia pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa, Rabu 12 Oktober dini hari WIB. Menurut pelatih sementara The Three Lions, Gareth Southgate, keberhasilan itu tak lepas dari penampilan apik Joe Hart sebagai penjaga gawang.

Inggris berhasil mencuri satu poin karena bermain imbang dengan skor tanpa gol di Stadion Stozice. Meski Tiga Singa mampu mendominasi penguasaan bola, namun penampilan Slovenia dalam laga itu juga terbilang berbahaya. Mereka sempat mendapat sejumlah peluang emas lebih matang melalui serangan-serangan balik yang cepat.

Salah satu peluang emas itu sempat tercipta lewat Jasmin Kurtic pada menit ke-48. Saat itu, ia berhasil melancarkan umpan silang yang arahnya melengkung ke pojok kiri atas gawang Inggris.

Beruntung, Hart masih sigap membaca pergerakan bola sambil terbang. Ia membuat Inggris tidak kebobolan setelah melompat cukup jauh untuk menepis bola.

Aksi gemilang Joe Hart ketika menyelamatkan gawang Inggris. (JOE KLAMAR / AFP)


Seusai melakukan aksi heroik tersebut, Hart langsung mendapat perawatan tim medis karena terjatuh cukup tinggi. Meski begitu, ia tetap mampu melanjutkan laga hingga selesai.

"Kami sangat berhutang kepada kiper untuk mendapatkan poin dari laga ini. Dia (Joe Hart) benar-benar tampil fantastis. Dia sedang berada dalam penampilan puncak, permainannya tenang dan tertata dengan baik. Penyelamatan itulah yang mengantarkan kami meraih satu poin," kata Southgate menanggapi penampilan Hart seusai laga.

Dengan hasil imbang tersebut, artinya Inggris tetap tak tergoyahkan di puncak klasemen Grup F karena sudah mengumpulkan tujuh poin. Mereka berselisih dua poin dengan Lithuania yang berada di urutan kedua dan Slovenia terpaksa berada peringkat ketiga karena kalah selisih gol dari Lithuania. (sportmole)


 


(KAU)

Video /